Arsip BERITA P3SEKPI

Dua Jalur Penguatan Mangrove untuk Penuhi Target NDC | 2021-04-14 - 10:15

Virni Budi Arifanti, Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) mengatakan bahwa ada dua jalur untuk mengembangkan ekosistem mangrove di Indonesia. Pengembangan ini penting mengingat mangrove memiliki potensi untuk mengurangi emisi dari target yang telah ditetapkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC).


P3SEKPI dengan YKAN Gelar Diskusi Natural Climate Solution “Mangrove” | 2021-04-14 - 10:13

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menggelar diskusi Natural Climate Solution (NCS). Acara tersebut dihelat pada Senin (12/4) secara virtual.


MENULISLAH, NISCAYA ENGKAU AKAN DITULIS | 2021-04-12 - 20:35

BANDAR LAMPUNG_Hari ini, Kamis, 8 April 2021 merupakan hari kedua (hari terakhir) dari rangkaian acara pelibatan publik (engagement activity) atas capaian kerja sama Badan Litbang dan Inovasi (BLI) dengan ACIAR dalam proyek penelitian Enhancing Community-Based Commercial Forestry in Indonesia (CBCF)


OPTIMISME INDUSTRI KAYU RAKYAT | 2021-04-08 - 17:21

BANDAR LAMPUNG_Selepas talk show sesi pagi dan rehat, rangkaian pelibatan publik (engagement activity) dilanjutkan dengan talk show sesi siang. Dana Apriyanto memandu talk show yang membicarakan lima materi.


ANTUSIASME ber-PERHUTANAN SOSIAL | 2021-04-08 - 08:59

BANDAR LAMPUNG_Selepas pembukaan resmi serta sambutan, rangkaian pelibatan publik (engagement activity) dilanjutkan dengan talk show. Ada dua sesi talk show, pagi dan siang.


Refleksi Perjalanan Perhutanan Sosial | 2021-04-07 - 11:57

BANDAR LAMPUNG_Hari ini merupakan hari pertama dimulainya rangkaian pelibatan publik (engagement activity) atas capaian kerja sama BLI dengan ACIAR dalam proyek penelitian “Enhancing Community-Based Commercial Forestry in Indonesia (CBCF)”. Digelar selama dua hari, 7-8 April 2021 di Hotel Sheraton, Bandar Lampung, acara ini mengibarkan tema “Penguatan Perhutanan Sosial: Menghubungkan Hasil Riset dengan Kebijakan, Petani, dan Pasar”.


Penelitian Kehutanan Komersial P3SEKPI, BERBAGI UNTUK NEGERI | 2021-04-03 - 20:16

BOGOR_Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), atas nama pemerintah, mengalokasikan jutaan ha kawasan hutan negara untuk dikelola masyarakat. Program  Perhutanan Sosial (PS) menjadi kanalnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalam dan di sekitar hutan, upaya resolusi konflik, dan mendorong pengelolaan hutan secara lestari. Capaian program menunjukkan kenaikan yang signifikan. Hingga Desember 2020, target sebesar 4 juta ha telah terpenuhi, meliputi 6.798 unit izin pengelolaan dengan melibatkan 895.769 kepala keluarga. Capaian tersebut harus tetap terjaga, tentunya dibarengi dengan upaya meningkatkan target dalam bentuk inovasi kelembagaan dan mobilisasi sumber daya dari berbagai tataran, baik nasional, sub nasional, maupun lokal. Kebijakan PS juga memberi ruang pelibatan aktif masyarakat dalam program dan proses revitalisasi industri kehutanan, antara lain melalui skema pengembangan Hutan Tanaman Rakyat (HTR). 


Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu | 2021-03-15 - 06:09 - 19:4

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), serta meningkatkan daya beli untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan pelatihan secara online pada pekan lalu. 


45 Hari Yang Penuh Ilmu | 2021-03-05 - 09:09

SURAKARTA_Kuliah Kerja Magang merupakan mata kuliah wajib di Program Studi (Prodi) Sosiologi, Universitas Negeri Surakarta (UNS). Meski tengah didera pandemi COVID-19, program magang tahun 2021 tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Saya dan dua teman yang juga dari Prodi Sosiologi, Hanifa Salsabila (Hanifa) dan Rofi’atullaili (Rofi) memilih untuk magang di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) di Kota Bogor. Terhitung sejak 11 Januari hingga 24 Februari 2021, selama 45 hari kami menimba pengalaman di P3SEKPI.


Geliat Pemerintah Bangun Ekonomi Kawasan Perbatasan | 2021-02-19 - 10:55

Presiden Republik Indonesia menginstruksikan percepatan pembangunan ekonomi pada kawasan perbatasan negara. Tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021, Kawasan perbatasan yang dimaksud mencakup Aruk, Kalimantan Tengah; Motaain, Nusa Tenggara Timur; dan Skouw, Papua.


123Last ›