PENGUMUMAN / KEGIATAN / EVENT

Workshop Teknik Penulisan Untuk Jurnal Internasional




“Seorang peneliti di era saat ini dituntut untuk dapat mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal internasional, karena hanya dengan cara demikianlah karya ilmiah dari peneliti yang bersangkutan akan dikenal luas dan peneliti tersebut akan memiliki jejaring kerja yang luas”, demikian pengantar yang disampaikan oleh Dr. Kirsfianti Ginoga, Kepala Puspijak, dalam sambutannya pada Workshop Teknik Penulisan Untuk Jurnal Internasional. Workshop yang bertujuan untuk memfasilitasi peneliti agar dapat memasukan naskah ilmiahnya ke jurnal internasional ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 8 sampai tanggal 9 Oktober 2014 bertempat di Hotel Pakuan Palace, Bogor.

Penyelenggaraan workhop ini dilandasi pemikiran bahwa penguasaan teknik penulisan karya tulis ilmiah menjadi kunci yang harus dikuasai oleh peneliti agar karya tulis ilmiahnya dapat dimuat di Jurnal internasional. Pemateri atau fasilitator workshop adalah narasumber yang kompeten dan memiliki jam terbang yang tinggi dalam penulisan artikel untuk jurnal internasional. Pemateri terdiri dari Sufiet Erlita (CIFOR), Dr. Edvin Aldrian (BMKG), Prof. Noor Azzam Achsani (IPB) dan Dr. Suyanto (ICRAF). Sedangkan materi yang disampaikan meliputi Pengenalan Jurnal Ilmiah Internasional dan Teknik Penulisan Artikel untuk Jurnal Internasional.

Workshop dihadiri oleh sekitar 45 orang peserta yang terdiri dari peneliti pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak), peneliti lingkup Pusat Litbang Kehutanan, peneliti dari Balai Besar/Balai Penelitian Kehutanan dan widyaiswara dari Pusat Diklat Kehutanan serta karyasiswa Kementerian Kehutanan.

Dengan pelaksanaan workshop ini, para peneliti diharapkan terdorong untuk dapat lebih produktif menulis dan menyampaikan karya tulis ilmiahnya ke Jurnal Internasional. Dengan demikian ke depan diharapkan posisi peneliti dan Puspijak sebagai lembaga litbang serta lembaga litbang umumnya di Indonesia dapat terangkat dan menempati posisi terhormat sejajar dengan lembaga litbang internasional lainnya dalam hal banyaknya karya tulis ilmiah penelitinya yang dimuat di Jurnal Internasional terkemuka.


Materi Workshop

Pengantar Pelatihan Jurnal

Science Publishing Cifor

Plagiarism Detection Tools

Panduan Penulisan Artikel (Bp. Edvin BMKG)

Writing Scientific Research Articles (Bp. Suyanto)




Forest Policy and Climate Change 2014