Index BERITA

Etika, Pengetahuan dan Skill adalah Modal Penting yang harus dimiliki Pemandu Wisata Lokal Obyek Wisata Carita

Dalam kegiatan pelatihan/Focus Group Discussion (FGD) dalam kerangka penguatan kelembagaan kelompok baik petani agroforestri  pada hari pertama 12 Oktober 2021,  diawali Sambutan pembukaan oleh Plt. Kapus PUSTANDPI/BSI. Pada acara hari pertama dihadiri sekitar 30 partisipan yang sebagian besar dari Kelompok Tani Hutan Wana Lestari dan juga beberapa pejabat pemerintah Kecamatan dan staf lapangan UPT  Pusat Standarisasi hutan yang mengelola KHDTK Carita. Dalam sambutannya Dr Kirsfianti L. Ginoga mengharapkan para petani dapat menfaatkan hak kelola di  blok agroforestri di KHDTK Carita dengan baik dan lestari.     


Memetakan Kebutuhan Standar Ketahanan Bencana Hidrometeorologis serta Kebakaran Hutan dan Lahan

Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (PUSTANDPI) menghelat diskusi dengan tajuk Pemetaan dan Inventarisasi Kebutuhan Standar Ketahanan Bencana Hidrometeorologis serta Kebakaran Hutan dan Lahan. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid pada Rabu (10/11/2021) di Gumati, Bogor.


Membaca Arah PUSTANDPI dalam Capacity Building

Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (PUSTANDPI) menyelenggarakan Penguatan Kapasitas Perumusan dan Pengembangan Standar Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim pada Kamis (4/11/2021) di Saung Dolken, Bogor. Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan untuk memperkokoh perencanaan PUSTANDPI.


Perkuat Pengelolaan Pengetahuan, “Gambut Kita” Adakan Zoominar dan Lokakarya

Zoominar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kerjasama penelitian antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia. Indonesia direpresentasikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/Badan Litbang dan Inovasi (saat ini bertransformasi menjadi Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan)/Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (saat ini bertransformasi menjadi Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim/Pustandpi); sedangkan Australian Centre for International Agriculture Research/ACIAR merupakan representasi Pemerintah Australia. Proyek yang dikerjasamakan adalah “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia” (FST/2016/144).


Begini cara kami menghubungkan hasil riset dengan kebijakan, petani dan pasar

Dialog di TVRI stasiun Lampung ini berkaitan dengan acara Kegiatan Pelibatan Publik Penguatan Perhutanan Sosial: Menghubungkan Hasil Riset dengan Kebijakan, Petani dan Pasar.


Desa, Garda Terdepan Pencegahan Karhutla

KEBAKARAN hutan dan lahan masih menjadi masalah nasional hingga saat ini.  Di tujuh provinsi rawan kebakaran Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, kebakaran terjadi hampir setiap tahun terutama pada musim kemarau.  Bahkan kini di musim penghujan pun, sekitar Januari lalu, di beberapa lokasi sudah mulai terjadi kebakaran, seperti peristiwa di Riau pada awal tahun ini


Daulat Bambu di Tanah Sa’o

BAJAWA. Kota dingin di tengah pulau Flores. Kota yang populer dengan aroma kopi arabica dan yellow cattura. Tapi bukan berarti popularitas itu menihilkan potensi lainnya menjanjikan. Bambu!


Pertanian Polybag, Menjawab Tantangan Lahan Gambut

BAGI mereka yang senang bercocok tanam, menanam tanaman hortikultura jangka pendek pada wadah tanam plastik atau polybag bukanlah hal baru. Cara ini menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan.


Purun dan Pemberdayaan Perempuan Desa

Pemberdayaan masyarakat banyak diusulkan sebagai salah satu kegiatan pada berbagai program pembangunan. Pemberdayaan masyarakat dipercaya dapat menyadarkan dan menjadikan individu dan masyarakat lebih produktif, tangguh, serta mampu meningkatkan penghasilan mereka.


Cara Leuit Menghadapi Krisis Pangan

Di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, ketahanan pangan menjadi salah satu isu utama. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di hampir semua negara di dunia. Penyediaan kebutuhan pangan menjadi satu hal yang mendesak seiring dengan munculnya ancaman krisis pangan di masa datang akibat terhentinya aktivitas ekonomi saat ini.


Lihat Arsip Berita