Index BERITA

Dua Jalur Penguatan Mangrove untuk Penuhi Target NDC

Virni Budi Arifanti, Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) mengatakan bahwa ada dua jalur untuk mengembangkan ekosistem mangrove di Indonesia. Pengembangan ini penting mengingat mangrove memiliki potensi untuk mengurangi emisi dari target yang telah ditetapkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC).


P3SEKPI dengan YKAN Gelar Diskusi Natural Climate Solution “Mangrove”

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menggelar diskusi Natural Climate Solution (NCS). Acara tersebut dihelat pada Senin (12/4) secara virtual.


MENULISLAH, NISCAYA ENGKAU AKAN DITULIS

BANDAR LAMPUNG_Hari ini, Kamis, 8 April 2021 merupakan hari kedua (hari terakhir) dari rangkaian acara pelibatan publik (engagement activity) atas capaian kerja sama Badan Litbang dan Inovasi (BLI) dengan ACIAR dalam proyek penelitian Enhancing Community-Based Commercial Forestry in Indonesia (CBCF)


OPTIMISME INDUSTRI KAYU RAKYAT

BANDAR LAMPUNG_Selepas talk show sesi pagi dan rehat, rangkaian pelibatan publik (engagement activity) dilanjutkan dengan talk show sesi siang. Dana Apriyanto memandu talk show yang membicarakan lima materi.


ANTUSIASME ber-PERHUTANAN SOSIAL

BANDAR LAMPUNG_Selepas pembukaan resmi serta sambutan, rangkaian pelibatan publik (engagement activity) dilanjutkan dengan talk show. Ada dua sesi talk show, pagi dan siang.


Desa, Garda Terdepan Pencegahan Karhutla

KEBAKARAN hutan dan lahan masih menjadi masalah nasional hingga saat ini.  Di tujuh provinsi rawan kebakaran Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, kebakaran terjadi hampir setiap tahun terutama pada musim kemarau.  Bahkan kini di musim penghujan pun, sekitar Januari lalu, di beberapa lokasi sudah mulai terjadi kebakaran, seperti peristiwa di Riau pada awal tahun ini


Daulat Bambu di Tanah Sa’o

BAJAWA. Kota dingin di tengah pulau Flores. Kota yang populer dengan aroma kopi arabica dan yellow cattura. Tapi bukan berarti popularitas itu menihilkan potensi lainnya menjanjikan. Bambu!


Pertanian Polybag, Menjawab Tantangan Lahan Gambut

BAGI mereka yang senang bercocok tanam, menanam tanaman hortikultura jangka pendek pada wadah tanam plastik atau polybag bukanlah hal baru. Cara ini menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan.


Purun dan Pemberdayaan Perempuan Desa

Pemberdayaan masyarakat banyak diusulkan sebagai salah satu kegiatan pada berbagai program pembangunan. Pemberdayaan masyarakat dipercaya dapat menyadarkan dan menjadikan individu dan masyarakat lebih produktif, tangguh, serta mampu meningkatkan penghasilan mereka.


Cara Leuit Menghadapi Krisis Pangan

Di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, ketahanan pangan menjadi salah satu isu utama. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di hampir semua negara di dunia. Penyediaan kebutuhan pangan menjadi satu hal yang mendesak seiring dengan munculnya ancaman krisis pangan di masa datang akibat terhentinya aktivitas ekonomi saat ini.


Lihat Arsip Berita