Index BERITA

Pertanian Polybag, Menjawab Tantangan Lahan Gambut

BAGI mereka yang senang bercocok tanam, menanam tanaman hortikultura jangka pendek pada wadah tanam plastik atau polybag bukanlah hal baru. Cara ini menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan.


Bersiap untuk New Normal: Komunikasi Virtual di Era Covid-19

Akhir Desember 2019 merupakan awal dari penyebaran wabah korona yang diawali di negara China. Semenjak itu, penyebarannya ke seluruh dunia menjadi tak terelakkan. Keparahan tingkat penyebaran dan kerusakan yang diakibatkannya telah menewaskan ratusan ribu orang di seluruh dunia.


Purun dan Pemberdayaan Perempuan Desa

Pemberdayaan masyarakat banyak diusulkan sebagai salah satu kegiatan pada berbagai program pembangunan. Pemberdayaan masyarakat dipercaya dapat menyadarkan dan menjadikan individu dan masyarakat lebih produktif, tangguh, serta mampu meningkatkan penghasilan mereka.


Cara Leuit Menghadapi Krisis Pangan

Di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, ketahanan pangan menjadi salah satu isu utama. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di hampir semua negara di dunia. Penyediaan kebutuhan pangan menjadi satu hal yang mendesak seiring dengan munculnya ancaman krisis pangan di masa datang akibat terhentinya aktivitas ekonomi saat ini.


Kearifan Lokal Penjaga Hutan

HUTAN Desa Campaga merupakan kawasan hutan lindung yang terletak di Kelurahan Campaga, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke tempat ini kita harus menempuh waktu sekitar tiga sampai empat jam perjalanan dari Makassar.


Meredam Pulau Bahang di Kota Kita

Mungkin, angan kita melayang pada sebuah wilayah dengan peradaban yang relatif maju, aktivitas manusia yang super sibuk, gedung-gedung tinggi bahkan pencakar langit, jalanan mulus yang diisi oleh ramainya kendaraan hilir mudik. Namun selain itu, menyeruak juga image panas dan polusi yang menarik angan kembali ke bumi.


Mewujudkan Hutan Indonesia jadi Sumber Obat Dunia

SAAT ini seluruh dunia dihebohkan dengan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Ulah virus tersebut telah menjungkirbalikkan tatanan sosial, mengaduk-aduk mata rantai ekonomi dan menggoyahkan tata ibadah agama-agama besar di dunia.


Dirgahayu FORDA, Bersiap Menghadapi “New Normal”

Badan Litbang dan Inovasi (BLI/FORDA) berusia 107 tahun. Memasuki abad kedua peran BLI dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, terutama di era pandemi Covid-19 ini, Dr. Agus Justianto, Kepala BLI berpesan, ”Dirgahayu FORDA, siapkan diri menghadapi new normal.”


BISONAMU, silahkan bertamu ke P3SEKPI

Sehari sebelum Kelas Digital, P3SEKPI menggelar BISONAMU (bincang santai online nambah ilmu) di 12 Mei 2020. Bekerja sama dengan VLOMAYA (Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya), BISONAMU tampil dengan “Kiat Praktis Menulis Ilmiah Populer”.


MENEMBUS BLOKADE COVID-19 dengan KELAS DIGITAL

Tsunami Covid-19 datang tanpa diundang. Semua terkesiap dan tak siap. Tiba-tiba sebagian besar ASN terkena WfH (work from home). Ketika efek kejut perlahan mereda, mulailah berbenah langkah. Bukan P3SEKPI kalau tak temukan solusi. Blokade Covid-19 mesti disiasati. Caranya: “bertemu tanpa menyentuh”.


Bagaimana melindungi hutan bisa memberikan keuntungan finansial bagi masyarakat

Masyarakat tidak harus memilih antara melindungi hutan dan kehilangan pendapatan.


Carbon Pricing, Upaya Capai Target NDC Indonesia

Yogyakarta (28/2), pada sesi IV Rakernas KLHK hari kedua, Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementetian LHK, Agus Justianto berkesempatan menjadi narasumber memaparkan "Penerapan Carbon Pricing Upaya Pencapaian Target NDC Indonesia".


Investasi “Hijau” untuk Triple Win

Pada 1 November 2019, Pemerintah Indonesia kembali berinovasi dengan menerbitkan green sukuk di pasar ritel domestik, dalam bentuk sukuk tabungan berbasis hijau, yang selanjutnya disebut green sukuk tabungan. Ini adalah yang pertama di dunia, setelah sebelumnya di tahun 2018, Indonesia tercatat sebagai negara pertama yang menerbitkan global green sukuk.


Tujuh Titah Sang Presiden

_BOGOR_Kabinet Indonesia Maju usai diumumkan. Ucapan selamat tertuju untuk para menteri yang terpilih menduduki jabatan untuk lima tahun ke depan. Dr. Siti Nurbaya Bakar kembali ditunjuk sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


Krisis Iklim Kian Meneguhkan Bumi Menuju Kehancuran

Dalam sebuah jurnal terbaru, sekelompok peneliti dari Deep Carbon Observatory (DCO) menyatakan kehancuran bumi akibat melonjaknya emisi karbon yang dipicu ulah manusia, mengarah pada kepunahan massal. Kehancuran tersebut melebihi kepunahan massal yang terjadi 66 juta tahun lalu, yang memusnahkan dinosaurus.


Annual Meeting ACIAR “Gambut Kita”

“Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia” adalah tema yang diusung dalam Annual Meeting (pertemuan tahunan) ACIAR Project FST/2016/144 atau ACIAR “Gambut Kita”. Diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Inovasi (BLI) melalui Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), pertemuan tersebut berlangsung pada 9-12 September 2019 di Jakarta. Ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah tahun sebelumnya dilaksanakan di Banjarbaru.


Kaltim, IKN yang Hijau

Siap Mengimplementasikan REDD+ FCPF Carbon Fund 2020-2024


Peluncuran Persiapan Menuju ERPA: Dialog Manfaat Dana Karbon Bagi Kalimantan Timur

Tahapan pre-negosiasi ERPA (Emission Reductions Payment Agreement) atau Kesepakatan Pembayaran Pengurangan Emisi di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai program entity (program bersama) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim serta World Bank selaku wali amanah (trustee) dana karbon bagi Kaltim.


U.S. and Indonesia Celebrate Indonesia’s Future Environment Leaders at Homecoming Reception for USAID-CIFOR Fellows

Jakarta - On Monday, the U.S. Embassy hosted a homecoming reception for 20 young Indonesian professionals who recently earned their Master’s Degrees in the United States. Through the United States Agency for International Development (USAID) and Center for International Forestry Research (CIFOR) Fellowship Program, USAID provided opportunities for highly qualified Indonesians to pursue graduate studies in forestry and biodiversity at U.S. universities Northern Arizona University, University of Florida, University of Missouri and Yale University. The USAID-CIFOR program also facilitates students to carry out field research in Indonesia under the supervision of CIFOR and other organizations.


Belajar dari Seporsi Siomay

Siomay, batagor, adalah segelintir jajanan yang kerap menyinggahi keseharian kita. Pagi, tengah hari, petang menjelang magrib, malam, kapan saja tergantung kapan keinginan itu datang. Enak, itu yang tergambar di benak kita kala akhirnya kita membeli. Nah, manakala kita tengah menyantap seporsi siomay di warung tenda pinggir jalan, terlintas bahwa ada anak, istri/suami, orang tua di rumah. Begitulah, spontan kita berucap ke penjualnya: “Bang, bungkuskan tiga porsi, ya?”


Lihat Arsip Berita