Index BERITA

Jadikan Mangrove Produktif dan Memulihkan Lingkungan

Ekosistem mangrove dihadapkan pada ancaman deforestasi, perubahan penggunaan lahan, dan perubahan iklim. Dalam kurun 1980-2005, Indonesia kehilangan 30% hutan mangrove-nya (FAO, 2007). Penyebab utama tingginya deforestasi itu adalah aktivitas manusia: konversi menjadi tambak (utamanya di dua dasawarsa terakhir), pertanian, industri gas dan minyak bumi, serta pembangunan infrastruktur. Bahkan, restorasi ekosistem pun tak luput dari permasalahan. Jika selama ini lebih mengutamakan penanaman, ke depan harus fokus pada pemulihan fungsi ekosistem mangrove.


Annual Meeting "New Normal" ACIAR Gambut Kita

P3SEKPI_Ada yang berbeda dalam annual meeting (pertemuan tahunan) ACIAR FST/2016/144 (ACIAR Gambut Kita) tahun ini. Acara yang biasanya diwarnai dengan berkumpul dalam sebuah gedung pertemuan, kini harus dijalankan secara virtual karena situasi pandemi Covid-19. Menghadapi itu, ACIAR Gambut Kita menggelar Annual Meeting 2020 “new normal” yang dikoordinir oleh Daniel Mendham, Koordinator ACIAR FST/2016/144 (14/7) untuk membahas perkembangan proyek “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia”.


SATRIA ASTANA, “KESATRIA” PERTAMA DARI P3SEKPI

JAKARTA_Hari ini, 16 Juli 2020, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) menuliskan sejarahnya sendiri. Dr. Ir. Satria Astana, M.Sc., pria kelahiran Jember 62 tahun lalu menorehkan tinta emas, dikukuhkan sebagai Profesor Riset. Sebuah pencapaian tertinggi seorang ilmuwan. P3SEKPI berbangga, telah lahir seorang Profesor Riset pertama dari rahimnya. Satria Astana merupakan Profesor Riset ke-553 (nasional) dan ke-27 di KLHK. Menggeluti riset di Badan Litbang dan Inovasi (BLI) lebih dari 3 dasawarsa tanpa henti, Sang “Kesatria” Ekonomi Kehutanan berhasil menggapai puncak.


Cara Praktis Bikin Video

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) bekerja sama dengan Komunitas Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya (VLOMAYA) menghelat pelatihan online ‘membuat video konten’ pada Rabu (24/06/2020). Tak sembarang membuat, video yang dihasilkan murni diproduksi melalui handphone.


WFO Sehat

Nasi liwet, udang goreng tepung, udang balado, kering tempe, teri tempe, gudeg, tom yam, mie bakso, bubur kacang ijo, bandrek, susu ultra, jus buah, kue-kue, biskuit, wafer, oreo … dan sederet sajian sehat lainnya adalah suplemen semangat kerja insan P3SEKPI yang ber-WFO.


Benefit Sharing Plan (BSP) East Kalimantan Jurisdictional Emissions Reduction, Indonesia

Benefit Sharing Plan (BSP) merupakan dokumen Rencana Pembagian Manfaat dalam kerangka REDD+ atas keberhasilan suatu entitas dalam penurunan emisi yang memilki tujuan baik dan memegang prinsip kesetaraan dan berkeadilan sosial.


Webinar Perkembangan Objective-5 Agroforestri Bambu Kabupaten Ngada

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) bekerja sama dengan Yayasan Bambu Lestari (YBL) menyelenggarakan seminar berjudul “Perkembangan Kegiatan Objective-5 Agroforestri Bambu di Kabupaten Ngada, NTT”. Seminar dihelat pada Selasa (19/5/2020) dan dilakukan secara online melalui aplikasi zoom.


Desa, Garda Terdepan Pencegahan Karhutla

KEBAKARAN hutan dan lahan masih menjadi masalah nasional hingga saat ini.  Di tujuh provinsi rawan kebakaran Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, kebakaran terjadi hampir setiap tahun terutama pada musim kemarau.  Bahkan kini di musim penghujan pun, sekitar Januari lalu, di beberapa lokasi sudah mulai terjadi kebakaran, seperti peristiwa di Riau pada awal tahun ini


Daulat Bambu di Tanah Sa’o

BAJAWA. Kota dingin di tengah pulau Flores. Kota yang populer dengan aroma kopi arabica dan yellow cattura. Tapi bukan berarti popularitas itu menihilkan potensi lainnya menjanjikan. Bambu!


Pertanian Polybag, Menjawab Tantangan Lahan Gambut

BAGI mereka yang senang bercocok tanam, menanam tanaman hortikultura jangka pendek pada wadah tanam plastik atau polybag bukanlah hal baru. Cara ini menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan.


PENGUKUHAN PROGRAM PROFESI INSINYUR ANGKATAN I 2019/2020

BOGOR_, Pada Sabtu, 25/07/2020, diadakan acara Pengukuhan Program Profesi Insinyur. Diselenggarakan atas kerja sama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dengan IPB University, hadir dalam acara tersebut antara lain , Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono, Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi KLHK, Agus Justianto, serta beberapa pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama KLHK.


Bagaimana melindungi hutan bisa memberikan keuntungan finansial bagi masyarakat

Masyarakat tidak harus memilih antara melindungi hutan dan kehilangan pendapatan.


Carbon Pricing, Upaya Capai Target NDC Indonesia

Yogyakarta (28/2), pada sesi IV Rakernas KLHK hari kedua, Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementetian LHK, Agus Justianto berkesempatan menjadi narasumber memaparkan "Penerapan Carbon Pricing Upaya Pencapaian Target NDC Indonesia".


Investasi “Hijau” untuk Triple Win

Pada 1 November 2019, Pemerintah Indonesia kembali berinovasi dengan menerbitkan green sukuk di pasar ritel domestik, dalam bentuk sukuk tabungan berbasis hijau, yang selanjutnya disebut green sukuk tabungan. Ini adalah yang pertama di dunia, setelah sebelumnya di tahun 2018, Indonesia tercatat sebagai negara pertama yang menerbitkan global green sukuk.


Tujuh Titah Sang Presiden

_BOGOR_Kabinet Indonesia Maju usai diumumkan. Ucapan selamat tertuju untuk para menteri yang terpilih menduduki jabatan untuk lima tahun ke depan. Dr. Siti Nurbaya Bakar kembali ditunjuk sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


Krisis Iklim Kian Meneguhkan Bumi Menuju Kehancuran

Dalam sebuah jurnal terbaru, sekelompok peneliti dari Deep Carbon Observatory (DCO) menyatakan kehancuran bumi akibat melonjaknya emisi karbon yang dipicu ulah manusia, mengarah pada kepunahan massal. Kehancuran tersebut melebihi kepunahan massal yang terjadi 66 juta tahun lalu, yang memusnahkan dinosaurus.


Annual Meeting ACIAR “Gambut Kita”

“Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia” adalah tema yang diusung dalam Annual Meeting (pertemuan tahunan) ACIAR Project FST/2016/144 atau ACIAR “Gambut Kita”. Diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Inovasi (BLI) melalui Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), pertemuan tersebut berlangsung pada 9-12 September 2019 di Jakarta. Ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah tahun sebelumnya dilaksanakan di Banjarbaru.


Kaltim, IKN yang Hijau

Siap Mengimplementasikan REDD+ FCPF Carbon Fund 2020-2024


Peluncuran Persiapan Menuju ERPA: Dialog Manfaat Dana Karbon Bagi Kalimantan Timur

Tahapan pre-negosiasi ERPA (Emission Reductions Payment Agreement) atau Kesepakatan Pembayaran Pengurangan Emisi di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai program entity (program bersama) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim serta World Bank selaku wali amanah (trustee) dana karbon bagi Kaltim.


U.S. and Indonesia Celebrate Indonesia’s Future Environment Leaders at Homecoming Reception for USAID-CIFOR Fellows

Jakarta - On Monday, the U.S. Embassy hosted a homecoming reception for 20 young Indonesian professionals who recently earned their Master’s Degrees in the United States. Through the United States Agency for International Development (USAID) and Center for International Forestry Research (CIFOR) Fellowship Program, USAID provided opportunities for highly qualified Indonesians to pursue graduate studies in forestry and biodiversity at U.S. universities Northern Arizona University, University of Florida, University of Missouri and Yale University. The USAID-CIFOR program also facilitates students to carry out field research in Indonesia under the supervision of CIFOR and other organizations.


Lihat Arsip Berita