Index BERITA

ACIAR “Gambut Kita” Gelar Pertemuan dengan Kabupaten Pulang Pisau

Tim ACIAR “Gambut Kita menggelar pertemuan secara virtual dengan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau untuk membahas hasil penelitian sementara yang telah dilakukan oleh tim ACIAR FST/2016/144 (ACIAR “Gambut Kita”)


Bambu, Si Kayu Masa Depan

BRisIK tampil sedikit berbeda. Itulah yang kita saksikan ketika BRisIK edisi ke-5 digelar, Jum’at, 09 Oktober 2015. Mengetengahkan “Bambu untuk Masa Depan”, Desy Ekawati selaku narasumber dan Budiyanto Dwi Prasetyo selaku host, tampil live dari Ngada, Flores tepat di 14.00 WIB atau 15.00 WITA. Kenapa? Mereka berdua tengah melaksanakan kegiatan di sana, rupanya.


Kekuatan Penyeimbang Itu Bernama “Hasil Riset”

”Hati saya berbinar-binar”, demikian Dr. Yanto Rochmayanto mengawali perbincangan ketika didapuk menjadi narasumber di BRisIK 04, Jumat, 25 September 2020. Kala dua DR bertemu, kebrisikan lantas terjadi. Di-tandem-kan dengan seorang “DR” juga, (D)edy (R)ahmanto sebagai host, perjumpaan mereka laksana ikan ketemu air. Menyatu, lincah, enak disaksikan, dan tentu saja perlu.


Desa Siaga Api: Kriteria & Indikator

Hingga saat ini belum ada perangkat (instrumen) yang mampu mengukur tingkat kesiagaan desa dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Buku “Desa Siaga Api: Kriteria & Indikator” hadir mengisi kekosongan tersebut.


Bersama Membangun Perhutanan Sosial

Pelaku Perhutanan Sosial adalah masyarakat yang tinggal di sekitar atau di dalam kawasan hutan negara, yang keabsahannya dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk, riwayat penggarapan kawasan hutan, serta aktivitas masyarakat yang dapat berpengaruh terhadap ekosistem hutan. Kelompok masyarakat inilah yang berpeluang memperoleh akses legal untuk mengelola hutan.


Desa, Garda Terdepan Pencegahan Karhutla

KEBAKARAN hutan dan lahan masih menjadi masalah nasional hingga saat ini.  Di tujuh provinsi rawan kebakaran Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, kebakaran terjadi hampir setiap tahun terutama pada musim kemarau.  Bahkan kini di musim penghujan pun, sekitar Januari lalu, di beberapa lokasi sudah mulai terjadi kebakaran, seperti peristiwa di Riau pada awal tahun ini


Daulat Bambu di Tanah Sa’o

BAJAWA. Kota dingin di tengah pulau Flores. Kota yang populer dengan aroma kopi arabica dan yellow cattura. Tapi bukan berarti popularitas itu menihilkan potensi lainnya menjanjikan. Bambu!


Pertanian Polybag, Menjawab Tantangan Lahan Gambut

BAGI mereka yang senang bercocok tanam, menanam tanaman hortikultura jangka pendek pada wadah tanam plastik atau polybag bukanlah hal baru. Cara ini menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan.


Purun dan Pemberdayaan Perempuan Desa

Pemberdayaan masyarakat banyak diusulkan sebagai salah satu kegiatan pada berbagai program pembangunan. Pemberdayaan masyarakat dipercaya dapat menyadarkan dan menjadikan individu dan masyarakat lebih produktif, tangguh, serta mampu meningkatkan penghasilan mereka.


Cara Leuit Menghadapi Krisis Pangan

Di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, ketahanan pangan menjadi salah satu isu utama. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di hampir semua negara di dunia. Penyediaan kebutuhan pangan menjadi satu hal yang mendesak seiring dengan munculnya ancaman krisis pangan di masa datang akibat terhentinya aktivitas ekonomi saat ini.


Lihat Arsip Berita