Berita LHK

Partisipasi P3SEKPI Dalam Seminar Nasional & Pameran Bersama REDD+ Indonesia Day




Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) cq Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pameran Bersama REDD+ Indonesia pada 28-29 April 2016 di Gedung Manggala Wanabakti. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk dukungan pemerintah Indonesia dalam Kesepakatan Paris (Paris Agreement) beberapa waktu silam mengenai upaya mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) pasca tahun 2020.

Melalui seminar yang bertema “Moving REDD+ Indonesia Forward : Resolving Challenges”, Dirjen PPI, Dr. Nur Masripatin menyampaikan keynote speech dari Menteri LHK Dr. Siti Nurbaya. Dalam pidato singkatnya beliau mengatakan bahwa “Sektor lahan berupa hutan memberikan kontribusi utama sebagai penyumbang emisi GRK nasional (penyebab perubahan iklim). Ke depan perubahan iklim di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, antara lain kepatuhan penggunaan lahan sesuai tata ruang, kebakaran hutan dan lahan, penegakan hukum, dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Pada acara seminar tersebut turut juga mengundang beberapa narasumber dari dalam maupun luar institusi. Adapun narasumber dari luar institusi yang diundang diantaranya Prof. Daniel Murdiyarso (CIFOR), Prof. Rizaldi Boer (CCROM IPB), Ir. Dedi Irawadi (Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, LAPAN), Zulfira Warta (WWF Indonesia), Dr. Petrus Gunarso (APRIL), dan Direktur KpSHK.

Selain acara seminar juga  diadakan pameran bersama REDD+ Indonesia Day di area Auditorium Dr. Soedjarwo dan Selasar Gedung Manggala Wanabakti. Pameran ini terdiri dari beberapa booth berdasarkan aspek antara lain kebijakan REDD+, metodologi REDD+, safeguards REDD+, financing REDD+, inisiatif lokal REDD+, provinsi percontohan REDD+, dan Demonstration Activities REDD+ bekerjasama dengan mitra internasional.

Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) turut berpartisipasi dengan men-share publikasi hasil kegiatan penelitian dan kerjasama (FCPF, ACIAR, dsb) dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, dan info brief. Partisipasi P3SEKPI dalam kegiatan ini adalah sebagai salah satu wujud komitmen dalam mendukung penurunan emisi karbon sebagai salah satu GRK penyebab perubahan iklim. P3SEKPI sebagai institusi yang berlandaskan riset dan pengembangan diharapkan menjadi image positif sebagai rumah yang dapat memproduksi hasil-hasil kebijakan dalam mengatasi permasalahan deforestasi dan degradasi hutan khususnya di Indonesia. ***MOI.