Berita LHK

Standar Plan Vivo




Sistem ini pertama kali disusun dan dikembangkan pada tahun 1994, sebagai bagian dari UK Department for International Development (DFID)- proyek penelitian yang didanai oleh di wilayah Chiapas, Mexico Selatan. Pembangunan standar proyek dipimpin oleh the Edinburgh Centre for Carbon Management (ECCM), bekerjasama dengan El Colegio de la Frontera Sur (ECOSUR), the University of Edinburgh dan organisasi lokal lainnya. Pada tahun 2002, pembangunan dan manajemenPlan Vivo dipindahkan dari ECCM ke organisasi nirlaba independen yang disebut BioClimate R and D, yang pada tahun 2008 seluruhnya menjadi Plan Vivo Foundation, sebuah badan amal yang terdaftar. Plan Vivo menyediakan standar untuk "mengelola pengurangan emisi dari masyarakat pedesaan dengan mempromosikan mata pencaharian yang berkelanjutan. Kredit yang dihasilkan disebut penurunan emisi yang terukur (VER) yang setara dengan 1 ton CO2. Peserta proyek adalah produsen dan masyarakat dengan skala kecil di negara berkembang. Mereka mengembangkanrencana pengelolaan lahan berkelanjutan dengan menggabungkan fungsi lahan yang ada dengan tambahan kegiatan proyek yang memenuhi syarat, yaitu:

  • Reboisasi dan penghijauan
  • Agroforestry
  • Restorasi hutan
  • Pencegahan deforestasi Sejauh ini, tidak ada metodologi untuk REDD + yang dikembangkan oleh Plan Vivo Standard.

Tapi, Plasn Vivo Foundation merekomendasikan metodologi eksternal berikut untuk petunjuk dalam mengembangkan kegiatan REDD +.

  • Ecometrica Protokol: survei biomassa di atas-tanah untuk proyek-proyek yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari deforestasi dan degradasi hutan.
  • Metodologi BioCarbon Dana untuk Memperkirakan Pengurangan Emisi GRK dari deforestasi Mosaik.
  • Metodologi Plan Vivo untuk REDD +.




Forest Policy and Climate Change Center 2014