Berita

“Gambut Kita” Lakukan Kajian Desa Berbasis Masyarakat




_TUMBANG NUSA_Bertujuan mengurangi kebakaran lahan dan hutan gambut serta meningkatkan penghidupan masyarakat, Tim ACIAR “Gambut Kita”, bersama masyarakat, lakukan kajian dan perencanaan desa berbasis masyarakat/CLAP (Community_Led Analysis and Planning) di Desa Tumbang Nusa. Empat hari penuh, 14-17 Maret 2019, tim bekerja all out. Ini dilaksanakan sebagai bagian dari ACIAR Project FST 2016/144 “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia”.

Kajian tidak dilakukan sekonyong-konyong, tetapi diawali dengan pelatihan tentang alat analisis yang akan diaplikasikan. Dari lima Rukun Tetangga (RT) di Desa Tumbang Nusa, dipilih masing-masing dua orang, sehingga ada 10 orang kunci sebagai peserta pelatihan. Ke-10 orang kunci ini nantinya akan bersama-sama dengan Tim ACIAR melakukan kajian.

Kegiatan kajian dilakukan dengan cara menyenangkan. Betapa tidak, kajian diawali dengan “jalan-jalan di desa” untuk memperoleh gambaran umum lingkungan desa, jenis penggunaan lahan, serta identifikasi jenis dan letak fasilitas desa. Dengan jalan-jalan di desa, diharapkan masyarakat akan mengetahui  “oh, ada kegiatan yang sedang berlangsung di desa kami”. Harapan lain adalah masyarakat tertarik untuk terlibat dan berpartisipasi.

Setelah puas berjalan-jalan, mulai dilakukan kegiatan yang merupakan bagian analisis. Sejarah desa, analisis perubahan, kalender musim, peta desa, peta wilayah, ranking kesejahteraan, peta sosial, penelusuran wilayah, analisis kelembagaan, matrik ekonomi, analisis rumah tangga, pertemuan malam, konsolidasi data, dan pertemuan malam terakhir adalah tahapan yang harus dirangkai menjadi satu kesatuan. 

Banyak diperoleh data dasar tentang kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Data tersebut yang nantinya dijadikan acuan untuk menyusun kegiatan selanjutnya dalam menuntaskan kajian dan perencanaan desa berbasis masyarakat Desa Tumbang Nusa. Keterlibatan dan peran-serta masyarakat sangat mempengaruhi hasil kajian serta perencanaan yang disusun.***SL