Berita

FOERDIA Adakan Workshop Menulis KTI untuk Jurnal Internasional di BP2LHK Banjarbaru




BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 10/11/2018)_Dalam rangka kegiatan kerjasama ACIAR FST/2016/144 ““Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia”. FOERDIA melalui Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI Bogor) dan Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK Banjarbaru) mengadakan kegiatan ACIAR Scientific Paper Writing Workshop  selama 4 (empat) hari mulai 7 sampai dengan 10 November 2018. Adapun workshop ini bertujuan untuk memfasilitasi para peneliti meningkatkan keterampilan menulis dan menuangkan ide mereka ke dalam karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional terkemuka.

“Menulis merupakan kewajiban bagi seorang peneliti, sehingga perlu bagi peneliti untuk mengetahui konsep penulisan jurnal yang baik, khususnya untuk jurnal internasional”, kata Koordinator Project ACIAR FST/2016/144, Dr. Niken Sakuntaladewi, M.Sc, saat membuka acara. Menurut Niken, dengan memahami konsep penulisan yang baik akan memudahkan peneliti mencari data yang ingin ditulisnya pada saat ke lapangan.

Tutor pada workshop yang diadakan di ruang seminar BP2LHK Banjarbaru ini adalah Dr. Chris Beadle dari CSIRO, yang didampingi oleh Dr. Samantha Grover dari La Trobe University. Selain diikuti peserta dari P3SEKPI Bogor, B2PLHK Banjarbaru dan Palembang, kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari RMIT University Melbourne yang terlibat dalam kegiatan ACIAR FST/2016/144. 

“Mengikuti workshop ini sangat bermanfaat untuk peneliti dalam mengembangkan kemampuan menulisnya karena dalam 4 hari ini peserta diajarkan tentang bagaimana membuat konsep penulisan yang baik, logis, dan terstruktur serta sesuai dengan target jurnal yang akan dipilih untuk publikasi,” kata Mimi Salminah, salah seorang peserta. 

“Dengan memperbaiki kualitas tulisan maka dapat mendorong kepercayaan diri kita untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah di jurnal tingkat internasional, pungkasnya di sela-sela mengikuti workshop”.***MI