Berita

Menilai kemajuan suatu proyek penelitian ACIAR




Tanggal 16 dan 17 April 2018 lalu, bertempat di hotel Santika Makassar telah dilaksanakan kegiatan Mid Term Review (MTR) 2018 untuk proyek penelitian ACIAR yang berjudul Enhancing CBCF in Indonesia (FST/2015/040). Bertindak selaku tuan rumah adalah rekan-rekan tim peneliti dari Kelompok Peneliti (Kelti) Sosial Ekonomi (sosek) Kehutanan Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Makassar. 

 

MTR 2018 ini dihadiri oleh ACIAR Forestry Research Manager, Dr. Tony Bartlett, Project Leader kegiatan penelitian ini – Dr. Digby Race dan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) – Dr. Syaiful Anwar, yang pada saat pembukaan didampingi oleh Kepala BP2LHK Makassar, Ir. Misto, MP.

Dalam kesempatan MTR 2018 ini, hadir wakil-wakil dari tim peneliti yang terlibat dalam proyek penelitian ini, yaitu para peneliti dan teknisi dari BP2LHK Makassar, rekan-rekan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), rekan dari Universitas Mataram serta rekan-rekan dari P3SEKPI.

Terkait dengan pelaksanaan MTR ini, Dr. Syaiful Anwar menyatakan bahwa proyek penelitian ini sangat penting karena selaras dengan kebijakan prioritas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Disamping itu, hasil penelitian ini sangat ditunggu untuk dapat memberikan masukan bagi peningkatan taraf hidup masyarakat terutama dalam skema Perhutanan Sosial yang sedang menjadi perhatian dunia luas. Pernyataan lengkap Kapus P3SEKPI ini dapat dilihat dalam video terlampir.

Sementara Dr. Tony Bartlett menyatakan kepuasannya terkait pelaksanaan kegiatan MTR 2018 ini, juga terhadap hasil-hasil sementara yang telah ditunjukkan bahkan menyatakan bahwa tim peneliti proyek penelitian ACIAR Enhancing CBCF in Indonesia ini dapat dijadikan model bagi bagaimana tim-tim peneliti lainnya dalam lingkup ACIAR dalam melaksanakan kegiatan penelitiannya. Video terkait pernyataan lengkap beliaupun dilampirkan dalam kesempatan ini.

Selaku pemimpin proyek kegiatan FST/2015/040 ini, Dr. Digby Race menyatakan bahwa kegiatan MTR memberikan keuntungan pada dua belah pihak, kepada pihak ACIAR selaku pendukung kegiatan ini dan kepada seluruh tim peneliti yang terlibat didalamnya. Disamping itu, MTR ini sangat bermanfaat karena dilaksanakan diwaktu yang tepat, yaitu pada pertengahan jalannya proyek penelitian ini. Dengan dilaksanakannya MTR, maka dapat diketahui apakah kegiatan penelitian ini sudah sesuai seperti yang telah direncanakan ataukah perlu dilakukan penyesuaian didalamnya. Pernyataan lengkap beliau dapat dilihat dalam video terlampir.