Berita

Furniture Ekspor Berbahan Baku Kayu Mangga




Semarang – Bila hendak memilih furniture dari kayu, biasanya yang terlintas di pikiran kita adalah kayu jati atau mahoni. Sekarang, lintasan pikiran tersebut sudah harus mulai ditinggalkan. Kayu mangga ternyata merupakan kayu yang dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk menghasilkan produk-produk furniture.

Salah satu perusahaan yang sudah memproduksi furniture dari kayu mangga adalah PT. Country Form Furniture yang berlokasi di Semarang. Produk yang dihasilkan, antara lain meja, kursi, meja rias, lemari, dan pintu. Perusahaan ini melirik pohon mangga sebagai bahan baku furniture-nya karena pohon mangga biasanya hanya dimanfaatkan buahnya. Ketika pohon sudah tidak produktif untuk menghasilkan buah maka akan dijadikan sebagai kayu bakar.

Kayu mangga mempunyai serat dan tekstur yang unik dan menarik jika dibuat menjadi furniture. Kayu ini memiliki serat dengan karakter yang sangat kuat dengan pola tidak teratur yang khas, baik bentuk maupun penampilannya. Variasinya dapat berbeda antara satu bagian dengan bagian yang lain meskipun berasal dari pohon yang sama. Hal ini membuat kayu mangga menjadi spesial dan menarik. Dengan proses finishing dan pemilihan design yang tepat, maka kayu ini dapat menghasilkan produk dengan penampilan yang sangat menarik.

Bahan baku biasanya berasal dari tebangan pohon mangga yang sudah tidak berbuah. Tindakan ini tidak salah, karena buah mangga merupakan buah yang berharga jual tinggi sehingga lebih menguntungkan menjual buah mangga dibandingkan dengan menjadikannya bahan baku furniture ketika pohon masih produktif.

Produk PT. Country Form Furniture sebagian besar dipasarkan ke Eropa dan sangat sedikit yang dipasarkan secara lokal. Hingga sekarang pasar lokal masih belum melirik produk-produk dari kayu mangga yang dianggap kalah jauh dengan produk kayu jati maupun kayu keras lainnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan berhasilnya PT. Country Form Furniture menembus pasar Eropa karena produk yang mereka hasilkan sudah bersertifikat legal Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK).

Sejak tahun 2007, PT. Country Form Furniture bekerjasama dengan Trees4Trees -sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan dan merupakan mitra kerjasama Australian Center for International Agricultural Research (ACIAR)- dalam program penanaman pohon. Dalam 10 tahun terakhir, perusahaan tersebut merupakan peserta aktif dan telah berpartisipasi dalam keberhasilan penanaman 200.000 pohon. Melalui program World Identification Number (WIN's) yang dikembangkan Trees4Trees, perusahaan tersebut menyumbangkan sebagian pendapatan dari setiap furniture yang diekspor. Kode yang diperoleh dari program WIN’s dan ditempelkan dalam setiap produk furniture-nya dapat diperiksa secara online oleh konsumen yang membeli produk tersebut. Kode tersebut dapat memberikan informasi lokasi di mana pohon tersebut ditanam dan siapa petani yang menanam pohonnya.