Berita

In House Training Kupas Sistem Dinamik




Kelompok Peneliti (Kelti) Manajemen Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan In-House Training pada Kamis (5/12/19) di Ruang Rapat Sekretariat BLI. Dalam agenda, Salah satu kelti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim tersebut mengupas sistem dinamik.

Hadir sebagai narasumber, Ketua System Dynamics Center Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Irman Firmansyah mengatakan bahwa sistem dinamik merupakan metode terkini yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang rumit dengan sederhana. Semua itu dilakukan dengan berfikir sistem (System Thinking).

“Sistem Dinamik dapat memberikan solusi yang lebih akurat karena mencampurkan metode proyeksi dengan skenario. Cocok sekali untuk para peneliti, khsusnya yang penelitiannya tentang perencanaan dan perumusan kebijakan”, tutur Irman.

Bertajuk “Analisis Sistem Dinamik Untuk Mendukung Kebijakan Pengelolaan Hutan Berkelanjutan”, agenda ini dihadiri oleh peneliti lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan mahasiswa Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PS–PSL) IPB.

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono