Berita

Makin Apik Dengan SEKPI RePort




_BOGOR_Menjaga lingkungan tidak melulu soal menanam pohon dan membuang sampah pada tempatnya. Menggunakan teknologi untuk mengurangi penggunaan kertas pun menjadi aktivitas yang dapat dikategorikan sebagai menyelamatkan lingkungan.

Apa yang Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) lakukan merupakan contoh. Proses yang bersifat administratif dalam hal pengajuan kegiatan penelitian yang biasanya konservatif, yakni menggunakan kertas, direncanakan menjadi paperless, dimulai pada 2020. SEKPI RePort (P3SEKPI Research Portal) adalah sarananya.

Kepala Sub Bidang Program dan Anggaran P3SEKPI, Nugraha Firdaus mengatakan pembuatan portal ini bertujuan untuk menyatukan proses penelitian ke dalam satu sistem terintegrasi dengan data penelitinya. Sejak proses pengusulan penelitian hingga luarannya, terekam  dalam portal ini sehingga dapat ditelusur secara mudah dan akurat, termasuk jika nantinya diperlukan koreksi atau revisi.

“Portal ini menjadi ruang dokumentasi seluruh proses penelitian. Terintegrasi dengan data peneliti yang berisi penelitian yang sudah dilakukan, angka kredit, buku, HaKI, jurnal yang dihasilkan, dan aktivitas lainnya. Ke depan, usulan penelitian, perpaduan hasil, dan revisi itu akan melalui sistem ini”, kata Nugraha.

Nugraha menjelaskan, menggunakan portal dalam proses penelitian memiliki kelebihan. Selain menjaga keamanan dokumen-dokumen penelitian, portal ini juga membantu manajemen untuk mendokumentasi seluruh proses penelitian.

“Portal ini memberikan kemudahan bagi kita semua, terutama bagi kami di perencanaan untuk menyusun rencana. Sering ada yang menanyakan histori. Dengan portal ini, ada kemudahan bagi kami untuk melacak kembali biar ga ada yang kelewat”, jelas Nugraha.

Mulai digunakan tahun ini (2020), Nugraha mengamini bahwa portal penelitian ini masih memiliki banyak kekurangan. Meski begitu, tetap akan digunakan agar proses yang dilalui oleh seluruh kegiatan penelitian P3SEKPI terdokumentasi secara sistem.

“Sistem ini belum sempurna bener, tapi buat saya kita mulai pakai biar ada kemudahan untuk dokumentasi”, pungkasnya.

Portal ini merupakan pengembangan dari SEKPI RePort, sistem informasi P3SEKPI yang dibangun pada 2017 dan terus disempurnakan. Tidak hanya untuk internal, SEKPI RePort juga dapat diakses oleh khalayak umum pada alamat simlit.puspijak.org.

 

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono