Berita

ACIAR CBCF: Jalan-jalan Pintar ke Australia




Studi Tour mitra Indonesia untuk kegiatan penelitian ACIAR CBCF (no. FST/2015/040 - Enhancing Community-Based Commercial Forestry in Indonesia) ke Australia Tenggara diadakan pada 15-22 September 2019. Diikuti 11 peserta, terdiri dari peneliti dan mitra proyek kegiatan penelitian ini, yakni petani, dosen, dan pejabat pemerintah daerah.

Harapannya, mereka dapat belajar banyak, dapat membandingkan dengan praktik di Indonesia dan dengan apa yang mereka telah terapkan selama ini. Lebih jauh, peserta dapat menambah wawasan terutama dalam praktik MTG (Master TreeGrower) dan F2FM (Farmer to Farmer Mentoring) yang telah terbukti banyak memberikan manfaat.

Di Australia mereka mengunjungi petani-petani dan pemilik lahan pertanian, sekaligus tinjauan ke lahan pertanian para petani, industri kayu, serta obyek lain yang terkait. 

P3SEKPI tidak mengutus peserta, tetapi diwakilkan kepada fasilitator MTG, Sugeng Teguh Pribadi dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.

Buah tangan “jalan-jalan pintar” tersebut tersaji dalam bentuk Info Brief No. 7 yang terbit pada Desember 2019. Versi pdf dapat dilihat di sini.

 

Penulis: Bugi Kabul Sumirat