Berita

Cara Praktis Bikin Video




BOGOR_Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) bekerja sama dengan Komunitas Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya (VLOMAYA) menghelat pelatihan online ‘membuat video konten’ pada Rabu (24/06/2020). Tak sembarang membuat, video yang dihasilkan murni diproduksi melalui handphone.

Tampil sebagai pembicara, Dimas Harya Madukusumah yang menjelaskan bahwa membuat konten video di era digital seperti sekarang menjadi kebutuhan bagi banyak kalangan. Termasuk ia, yang mengawali perjalanan videografinya dengan kebutuhan dokumentasi dan komunikasi.

“Aku bikin video itu awalnya dari keinginanku untuk dokumentasi suatu kejadian. Bisa juga dari perasaan dan pikiran terhadap suatu peristiwa”, ujar Dimas.

Dalam proses pembuatannya, Dimas mengatakan sebisa mungkin alat pembuatan video tidak jadi halangan. Ia mencontohkan bagaimana dirinya membuat konten video dengan hanya bermodalkan handphone.

Handphone yang aku pakai waktu itu (salah satu jenis) OPPO keluaran pertama. Kameranya belum canggih lah ya. Supaya video kelihatan bagus, pakai fitur-fitur yang ada di aplikasi editing vdeo. Kalau edit sih aku pakai (aplikasi) FILMORA GO”, katanya.

Selain itu, Dimas juga mengingatkan untuk memperhatikan aspek warna video. Menurutnya, warna dalam video akan memunculkan semacam suasana dan rasa, seperti sedih, ceria, dan bahagia.

“Jangan lupa main warna juga. Kan hasil video dari kamera handphone kita kan ga bagus-bagus amat. Makanya harus main warna, biar nambah feel”, kata Dimas. 

Dimas bercerita selama 2 jam. Sepanjang itu, bermunculan pertanyaan dari peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Baik berasal dari kalangan akademisi, pegawai pemerintah, maupun swasta. Tercatat ada 519 partisipan, terbagi menjadi 181 orang melalui zoom dan 338orang menggunakan youtube.

 

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono