Berita

Buah Karya Lewat Jalur Pandemi




_BOGOR_Yang namanya peneliti, tak pernah kehabisan energi. Pandemi masih bersemayam, P3SEKPI tak lantas diam, ide dan kreativitas tak malas jalan. Begitulah yang terjadi di Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) belum lama ini.

Dalam kerangka kerja sama dengan Perum Perhutani, P3SEKPI diberi amanah melakukan inventarisasi biofisik (karbon, analisis vegetasi, hidrologi, tanah, dan iklim mikro) di beberapa lokasi Perum Perhutani di Pulau Jawa. Inventarisasi biofisik diperlukan untuk melengkapi mosaik “Pengembangan Hutan Tanaman Biomassa”.

Pada awalnya, semua baik-baik saja. Lantas, badai covid-19 mengubahnya menjadi “tak baik-baik saja”. Dia terus bersemayam, dan menggagalkan kegiatan lapangan tim P3SEKPI.

Dalam situasi seperti itulah video tutorial inventarisasi biofisik ini lahir.

Yanto Rochmayanto, salah satu peneliti yang terlibat langsung di tim berujar “video ini merupakan instrumen transfer pengetahuan/alih teknologi karena pembatasan interaksi sosial dan adaptasi terhadap situasi pandemi covid-19. Tim bisa melakukan alih teknologi jarak jauh dengan tetap memberikan gambaran visual yang memadai”. Lebih lanjut Yanto menegaskan, “tim inventarisasi biofisik (Perum Perhutani) dapat mempelajari secara langsung dengan waktu dan tata cara yang fleksibel”.

Tak perlu membusung dada, tapi tentu saja P3SEKPI bangga.

 

Haryono