Berita

Aksi di Cipeundeuy




_BOGOR_Lima hari penuh, 24-28 Agustus 2020, tim Lingkungan dan Sosek/Kemitraan P3SEKPI melakukan pengambilan data lapangan di Purwakarta. Ini merupakan rangkaian kerja sama “Kajian Model Kemitraan dan Pengaruh terhadap Lingkungan dalam Pengembangan Tanaman Energi Biomassa di Perum Perhutani” antara P3SEKPI dan Perum Perhutani. “Bersebelahan” dengan covid-19, protokol kesehatan menjadi hal utama untuk dipatuhi dalam aktivitas lapangannya.

Totalitas tim begitu terlihat saat bekerja di lokasi tanaman energi biomassa BKPH Cipeundeuy dan BKPH Sadang, KPH Purwakarta. Terik, haus, mendaki, tergores perdu, bak lantunan nada penyemangat. Secara paralel, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh tim Puslitbang Cepu di KPH Semarang dan KPH Bojonegoro.

Pada tahap pertama ini, inventarisasi karbon, tanah, hidrologi, dan iklim mikro merupakan data yang diambil untuk aspek dampak lingkungan; sedangkan untuk aspek sosek/kemitraan dilakukan penyebaran kuesioner dan wawancara dengan masyarakat penggarap dan beberapa tokoh masyarakat di sekitar kawasan tanaman energi biomassa.

Produktif di tengah pandemi, demikian semangat yang mendasari.

_dapur digital_