Berita

Desa Siaga Api: Kriteria & Indikator




Penulis: Kushartati Budiningsih; Irfan Malik Setiabudi; Elvida Yosefi Suryandari; Ferdian Krisnanto; Ane Dwi Septina; Handoyo

Editor: Israr Albar

Penerbit: IPB Press

Dapat diunduh di link buku Desa Siaga Api: Kriteria & Indikator

Hingga saat ini belum ada perangkat (instrumen) yang mampu mengukur tingkat kesiagaan desa dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Buku “Desa Siaga Api: Kriteria & Indikator” hadir mengisi kekosongan tersebut.

Instrumen yang bersifat self assessment ini disajikan dalam bentuk yang simpel agar mudah digunakan, terdiri atas sekumpulan pernyataan tentang kondisi desa dan masyarakat desa, terkait dengan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Manggala Agni, Pemerintah Desa, Masyarakat Peduli Api, perusahaan, KPH maupun Pemerintah Daerah dapat menggunakannya untuk menilai kesiagaan desa dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Desa Siaga Api merupakan desa yang terdiri dari masyarakat, pemerintah desa, dan kelompok pengendali kebakaran hutan dan lahan yang memiliki kemampuan untuk menjalankan peran dan fungsinya dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah desa dan sekitarnya. Penilaian kriteria dan indikator Desa Siaga Api (KI-DSA) dapat juga dilakukan secana online melalui https://bit.ly/LKP-Desa-Siaga-Api. Hasil pelaporan ini dapat menjadi bahan evaluasi desa dalam praktik pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

_dapur digital_