Berita

Pelatihan MTG, Berbagi Semangat dan Manfaat di Tengah Pandemi




DESA SINOMWIDODO_ Tanggal 27-28 Oktober dan 4-5 November 2020 menjadi momentum yang tercatat dalam kiprah ACIAR, sekaligus catatan penting bagi Desa Sinomwidodo. Pada tanggal tersebut Trees4trees bersama ACIAR dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah II DLHK Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar pelatihan Master TreeGrowers (MTG) untuk petani. Training dilaksanakan di Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Selama empat hari, bertempat di serambi PAUD & TK IT Yadus Salam, 15 petani hutan rakyat setempat (enam di antaranya perempuan) dipahamkan tentang pengelolaan dan pemeliharaan hutan rakyat. Sama dengan penyelenggaraan sebelumnya, pelatihan MTG membuka lebar kesempatan keterlibatan kaum perempuan. Persentase peserta perempuan meningkat menjadi 40% dibandingkan tahun lalu yang hanya 30%. Kian terlihat bahwa pemberdayaan perempuan memegang peran sangat penting dalam pengelolaan hutan rakyat.

Pengukuran tinggi pohon, pemeliharaan dengan cara pruning dan thinning (pemangkasan dan penjarangan), serta pencegahan hama dan penyakit menjadi menu utama pelatihan. Sugeng dari CDK Wilayah II Jawa Tengah dan Darisman dari Trees4trees menjadi penyampai materi pelatihan. Tak hanya itu, peserta juga diajak meninjau langsung industri kayu lokal.

Pandemi COVID-19? Betul, namun antusiasme peserta tak surut dalam menimba ilmu. Apalagi,  pengelolaan hutan rakyat dengan sistem MTG merupakan hal baru bagi mereka. Tentu saja mematuhi protokol kesehatan menjadi “kebiasaan” yang tetap dilakukan.

Dari ilmu yang didapat, peserta pelatihan bertekad untuk mengembangkan lahan hutan rakyat mereka secara optimal demi meningkatkan kesejahteraan. Harapan lebih tinggi, keikut-sertaan mereka dan ilmu yang mereka serap dapat berdampak bagi seluruh warga mereka.

Penulis: Novita D. Arianti [Trees4Trees]