Berita

Amanah untuk Peneliti P3SEKPI di Kepengurusan Himpenindo Kota Bogor




_BOGOR_Tiga peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) dikukuhkan sebagai pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Kota Bogor periode 2020-2025. Dalam “kabinet" yang diketuai oleh Dr. Ir. Handewi P. Saliem dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP), Kementerian Pertanian tersebut, peneliti P3SEKPI yang mendapat amanah  untuk mencapai pantai harapan Himpenindo adalah Ir. Rahman Effendi, M.Sc. yang didapuk sebagai Wakil Ketua I; Dr. Ir. Niken Sakuntaladewi, M.Sc. di Bidang Pengembangan Usaha dan Kesejahteraan Anggota; serta Drs. Bugi Kabul Sumirat, M.Phil. di Bidang Komunikasi dan Diseminasi Hasil Penelitian. Barisan P3SEKPI dapat menjadi lebih panjang karena Ir. Ismatul Hakim, M.Sc., salah satu alumninya juga menjadi pengurus, yakni pada Bidang Kerjasama dan Sinergi Antar-lembaga.

 

Pengukuhan Kepengurusan Himpenindo Kota Bogor periode 2020-2025 didasari oleh Surat Keputusan Ketua Umum Himpunan Peneliti Indonesia Nomor 07/SK/HIMPENINDO/X/2020 tanggal 10 Oktober 2020. Dilaksanakan pada Selasa, 15 Desember 2020, pengukuhan dihadiri oleh Ketua Umum Himpenindo, Ir. Syahrir Ika, MM dan Ketua Dewan Penasihat Himpenindo Kota Bogor, Bima Arya, PhD.

 

Dalam acara yang dilakukan secara hybrid yakni hadir langsung di Auditorium Dr. Ir. Ismunadji, PSEKP, Bogor dan virtual atau zoom meeting, Bima Arya mengaku bahwa ia pada dasarnya atau profesi utamanya adalah peneliti dan dosen. Menjadi politisi adalah pekerjaan sampingan.

 

Berada di antara peneliti Kota Bogor menurutnya sangat luar biasa. Ia berharap, kehadirannya dapat meningkatkan komunikasi, kolaborasi, dan jejaring antara peneliti dengan Pemerintahan Kota Bogor. Peneliti harus terlibat dalam setiap tahapan pembangunan.

 

Bima berkeinginan agar sebuah kota (yang dimaksud adalah Kota Bogor) harus didorong oleh semangat ide-ide dan pengetahuan (knowledge), harus didukung oleh hasil-hasil riset &  ilmu pengetahuan. "The city needs to be driven by ideas & knowledge", demikian Bima Arya Si Walikota Bogor. Doktor lulusan The Australian National University tersebut berkeyakinan bahwa kota yang didukung oleh hasil-hasil penelitian akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan yang tanpa penelitian. Pembangunan kota tanpa penelitian akan bersifat copy paste.

 

Selamat kepada Himpenindo Kota Bogor. Selamat kepada P3SEKPI. Jalankan amanah ini dengan keikhlasan sesuai visi, misi, dan peran masing-masing.

 

Penulis: Bugi K. Sumirat