Berita

Foresight Analysis Workshop




JAKARTA_Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) bekerja sama dengan Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) menyelenggarakan Foresight Analysis Workshop dalam bingkai kerjasama penelitian 'Enhancing Community-Based Commercial Forestry in Indonesia’ (FST/2015/040). Acara ini berlangsung pada Selasa, 12 Januari 2020 di Hotel Santika Premier Slipi, Jakarta.

Tujuannya yakni menghimpun pandangan para ahli tentang perubahan signifikan atas usaha kehutanan berbasis masyarakat yang telah berlangsung hingga saat ini dan kelangsungannya di masa depan. Hasil yang diharapkan dari acara tersebut adalah rekomendasi pilihan strategi pengembangan usaha kehutanan berbasis masyarakat dalam menghadapi berbagai ketidakpastian.

Peserta terdiri dari kelompok masyarakat  (petani atau perwakilan kelompok tani), birokrat (lembaga pemerintahan), akademisi (dosen atau peneliti), swasta atau asosiasi (industri, pedagang, wiraswasta), lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan kelompok umum kehutanan lainnya, seperti penyuluh atau pemerhati kehutanan serta mitra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Acara dipandu oleh Dr. Dede Rohadi selaku fasilitator.

Sebagai penyegar ingatan, “Enhancing Community-Based Commercial Forestry in Indonesia”  bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai langkah yang dapat ditempuh guna menjadikan  perhutanan sosial berbasis masyarakat mampu meningkatkan pendapatan petani dan memperluas manfaatnya bagi masyarakat lokal dan industri kayu.

 

Penulis: Faisal F.

Editor: Hariono

Kontributor: Bugi KS