Berita LHK

Peringatan Hari Hutan Internasional 2015




Ratusan pelajar, mahasiswa dan kelompok masyarakat lainnya memenuhi Boulevard Universitas Indonesia, Depok-Jawa Barat (28/03). Kehadiran masyarakat tersebut dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional (HHI) tahun 2015 yang di dunia internasional diperingati setiap tanggal 24 Maret. Untuk tahun 2015, Peringatan HHI mengambil tema Forest, Climate, Change. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama para pihak bertempat di kampus Universitas Indonesia pada tanggal 28 Maret 2015 memperingati Hari Hutan Internasional yang ditandai dengan kegiatan penaman 1.000 pohon.

Rektor UI, Prof. Muhammad Anis, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanaman di Boulevard Barat Kampus UI ini diharapkan dapat menambah luas ruang terbuka hijau yang sudah ada di Kampus UI yang terkenal hijau dan asri. Hutan Kota UI, yang memiliki nama lain yaitu Mahkota Hijau UI, merupakan plasma pembungkus kampus UI. Hutan Kota UI memiliki fungsi  yang beragam yaitu sebagai resapan air, kawasan lindung plasma nutfah sekaligus wahana penelitian biodiversitas bagi mahasiswa UI.  Fungsi lain yang tidak kalah penting dari Hutan Kota UI adalah sebagai wahana rekreasi bagi masyarakat di sekitar kampus UI dan juga dipergunakan sebagai penyuluhan tentang arti penting kawasan hijau di perkotaan bagi mahasiswa, Pramuka dan pecinta Alam.

Sebagai pelengkap dari Hutan Kota, Kampus UI juga dilengkapi dengan enam danau, yang nama dari masing-masing danau merupakan akronim dari kata KAMPUS. Keenam danau tersebut diberi nama dengan nama spesies pohon yaitu Danau Kenanga (luas 28. 000 m2), Agatis (luas 20.000 m2), Mahoni (45.000 m2), Puspa (20.000 m2), Ulin (72.000 m2) dan Danau  Salam (42.000).

Kegiatan penaman 1.000 pohon pada perayaan HHI tahun 2015 disambut baik oleh  UI karena menambah keanekaragaman hayati dari Hutan Kota UI. Rektor UI menambahkan, pengelolaan Hutan Kota UI menghadapi tantangan dalam hal peningkatan peran Hutan Kota UI sebagai sarana edukasi konservasi/laboratorium alam, edukasi konservasi dan rekreasi konservasi. Rektor juga menyampaikan bahwa UI siap menjadi garda terdepan sebagai green kampus  dan terbuka untuk bekerjasama mewujudkannya.

Menyambung sambutan Rektor UI, Direktur WWF Indonesia menyampaikan arti penting edukasi lingkungan bagi generasi muda. WWF Indonesia memberikan dukungan dalam bentuk pelibatan beberapa sekolah yang menjadi peserta Sekolah Sahabat Alam yang digagas WWF Indonesia.

Memberikan sambutan pada kesempatan terakhir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menekankan arti penting kualitas lingkungan hidup yang baik yang harus diterima oleh warga negara sebagai hak konstitusional. Beliau juga berterima kasih atas kerjasama para pihak yang memberikan dukungan penuh bagi suksesnya kegiatan peringatan Hari Hutan Internasional tahun 2015 di Kampus Universitas Indonesia, Depok.

Peringatan HHI tahun 2015 ditutup dengan kegiatan penanaman 1.000 batang pohon yang dilakukan oleh mahasiswa, civitas akademika UI, karyawan Kementerian LHK, para undangan serta pelajar dari sekolah yang tergabung dalam Sekolah Mitra Alam. Diharapkan keterlibatan pelajar dan mahasiswa menambah kecintaan generasi muda terhadap kelestarian hutan dan lingkungan.