Berita LHK

PUSPIJAK mendapat Sertifikasi Akreditasi Penelitian Pengembangan dari Komite Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Riset dan Teknologi (Sertifikasi KNAPP 02:2007)




Bulan Februari tahun 2015 menjadi saat  membahagiakan bagi jajaran manajemen dan fungsional Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak), karena berkat usaha yang keras dan panjang, Puspijak berhasil memperoleh Sertifikasi Akreditasi (Pengakuan) Pranata Penelitian dan Pengembangan dari Komite Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Riset dan Teknologi (Sertifikasi KNAPP 02:2007). Pemberian akreditasi KNAAP 02:2007 melengkapi perolehan Puspijak atas Akreditasi ISO 9001:2008 yang telah diperoleh sebelumnya.

Akreditas KNAAP 02:2007 memberikan arti tersendiri karena merupakan pengakuan formal terhadap pranata litbang PUSPIJAK atas (i) kemampuannya melaksanakan litbang sesuai dengan tugas pokok & fungsi; visi & misinya, (ii)  mutu keluaran hasil litbangnya, (iii) keefisienan kinerjanya dalam memenuhi persyaratan umum yang telah ditentukan. 

Perolehan Akreditasi KNAAP 02:2007 merupakan sebuah pengakuan yang penting bagi Puspijak terutama untuk  mendorong optimalisasi kerja dan keluaran hasil-hasil litbang terutama di era globalisasi saat ini dimana aspek jaminan mutu kegiatan dan hasil litbang harus dikedepankan agar suatu institusi litbang dapat berperan dan berkontribusi di lingkungan yang sangat kompetitif.  Selain itu Akreditasi KNAPPP 02:2007 untuk bidang lingkungan dan kehutanan yang diperoleh Puspijak merupakan sarana untuk mengukur kinerja, memperoleh pengakuan akan kemampuan dan nilai positif bagi sistem insentif RISTEK kedepan,  termasuk daya tawar terhadap alokasi anggaran.  Bagi pengguna/konsumen litbang Puspijak, akreditasi KNAPP juga menjadi penting karena memudahkan mereka  mengenali kualitas pranata litbang dan memudahkan untuk memilih pranata litbang yang sesuai dengan rencana pengembangan produk/kegiatannya.  

Perolehan Sertifikasi Akreditasi (Pengakuan) Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAAP 02:2007) patut disyukuri karena diperoleh melalui keyakinan dan usaha yang sungguh-sungguh dari semua jajaran Puspijak. Di sisi lain perolehan Akreditasi KNAAP ini  juga memberikan tantangan bagi seluruh jajaran Puspijak ke depan untuk berusaha lebih keras agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja dalam tata kelola dan mutu dari hasil kerjanya sehingga akreditasi KNAAP ini dapat terus dipertahankan.