Berita LHK

SMA N 1 Bogor Juara Karya Tulis Ilmiah Lingkungan Hidup Dan Kehutanan




P3SEKPI (Bogor, 22/10/2015) Lingkungan dan hutan merupakan sesuatu yang perlu di jaga ke lestariannya. Salah satunya melalui karya tulis ilmiah. Demikian pesan Kepala Pusat Litbang Sosial Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), Dr. Bambang Tri Hartono saat membuka Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tingkat SMA-SMK se-Kota dan Kabupaten Bogor di Kampus Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Gunung Batu, Bogor (22/10).

SMA N 1 Bogor menjadi juara umum pada lomba KTI, di mana 2 kelompok  dari SMA N 1 Bogor yang mengkikuti lomba KTI mendapatkan juara 1 dan  juara 3. Juara 1 didapat oleh Muhammad Fahmi Ramadhani, Muhammad Abdurahm an Ar-Rizki, Tasya Sabila Bisyir.

Para pemenang lomba karya tulis ilmiah ini:

Juara 1. Nomor peserta 02, SMAN 1 Bogor dengan nilai 82,25, makalah: Pemanfaatan Lahan Sempit Perkotaan dengan Aquaponik   

Juara 2. Nomor peserta 03, SMAN 1 Cileungsi dengan nilai 79,87, makalah: Pembuatan Lanas dengan Pemanfaatan Limbah Bonggol dan Kulit Nanas

Juara 3. Nomor urut peserta 09, SMAN 1 Bogor dengan nilai 79,25, makalah: Pengefektifan Lahan Sempit Menggunakan Sistem Pen Kultur dengan Media Tanam Karpet

Selain mendapatkan sertikat seperti peserta lainnya, para pemenang juga mendapatkan hadiah berupa piala juara 1, 2 dan 3.

“Tujuan dari lomba KTI  bertema lingkungan hidup dan kehutanan ini adalah bagaimana para pelajar memahami masalah-masalah lingkungan dan kehutanan yang dapat mendorong kesadaran yang lebih besar terhadap lingkungan. Saya banyak berharap, kesadaran itu harus tetap bergulir,” kata Bambang kepada 16 tim peserta sebelum lomba.

Lomba yang melibatkan peneliti P3SEKPI selaku dewan juri ini menggunakan 6 kriteria dalam penilaian, yaitu (1) Format makalah terkait tata tulis dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar; (2) Kreatifitas gagasan, terkait kreatif, inovatif, dan bermanfaat bagi masyrakat, Keaslian gagasan, dan Kejelasan pengungkapan ide; (3) Topik yang dikemukakan aktual terkait; (4) Data dan sumber informasi terkait kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan, terkait Keakuratan data dan informasi; (5) Analisis, Sintesis, dan kesimpulan terkait Kemampuan menganalisis dan mensintesis, kemampuan menyimpulkan bahasan, dan Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan untuk dapat diadopsi; (6) Presentasi.

Sebagai tindaklanjut dari lomba ini, dewan juri yang diketuai Ir. Subarudi, M.Wood, Sc, peneliti sosiologi kehutanan ini mengatakan akan mepublikasikan beberapa KTI yang terpilih.