BERITA

Belajar REDD+ dari Kaltim
2019/08/14 - 07:47 am

_SERPONG_Pada Selasa (13/8/2019) Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) menyelenggarakan talkshow bertema “Implementasi REDD+ di Tingkat Sub Nasional: Pembelajaran dari Kalimantan Timur”. Bertempat di Pusat Pelatihan Masyarakat (Puslatmas), Serpong, kegiatan ini menjadi ruang belajar tentang REDD+, bagi semua yang hadir. Sebagaimana diketahui, perhelatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Festival Tropical Forestry and Environment oleh Badan Litbang dan Inovasi (BLI).


Collecting and Sharing Status Peatland Project Initiatives in Indonesia
2019/08/07 - 07:11 am

International Tropical Peatlands Center (ITPC) sebagai pusat rujukan informasi dan pengetahuan dunia tentang pengelolaan gambut tropis menggelar Focus Group Discussion (FGD) di CIFOR Bogor, Senin (29/7/2019). FGD ini merupakan salah satu kegiatan Sekretariat Interim ITPC yang dikoordinatori Dr. Haruni Krisnawati dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (P3H), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Forum ini menghadirkan para pemangku kepentingan guna mengetahui berbagai kegiatan proyek maupun penelitian di gambut yang telah dilakukan oleh para pihak sehingga diharapkan dapat memberi gambaran mengenai ruang lingkup dan status kegiatan lahan gambut di Indonesia.


“Gambut Kita” Menyambangi Kebakaran
2019/07/25 - 02:37 am

_TUMBANG NUSA_ Tim peneliti “Gambut Kita” yang dinakhodai oleh Prof. (Ris) Acep Akbar dari Balitbang LHK Banjarbaru telah melakukan Fire Scene Evaluation/Evaluasi Kejadian Kebakaran(FSE/EKK) gambut di sekitar Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa pada 2 Juli 2019. Pengamatan ini untuk melihat sejauh mana kebakaran yang terjadi, apakah hanya berupa api permukaan atau sudah masuk ke tanah gambut. Pengamatan  menggunakan panduan yang telah disepakati para ahli kebakaran yang dikoordinir NASA (National Aeronautics and Space Administration).

 


Peneliti P3SEKPI Cerita REDD+ di Manila
2019/07/19 - 02:50 am

“Implementasi REDD+ di Indonesia dengan pendekatan yurisdiksi di Provinsi Kalimantan Timur akan diimplementasikan mulai tahun 2020 melalui FCPF Carbon Fund. Kemajuan signifikan ini merupakan pencapaian yang membanggakan berbagai entitas nasional dan sub nasional”, ujar Rochmayanto saat memberi paparan di Manila, Filipina.


UKM dan Perubahan Iklim
2019/07/18 - 07:36 am

Usaha Kecil dan Menengah (ukm) berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi negeri kita. Bahkan, lebih jauh bisa dibilang UKM adalah tulang punggung perekonomian negara. Lantas, bagaimana perkembangan UKM jika dilihat dari sisi lingkungan? Atau lebih spesifik, dilihat dari perspektif isu perubahan iklim?


DPPPI Jadikan Isu Perempuan sebagai Fokus
2019/07/18 - 07:22 am

Penasehat Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim (DPPPI), Sarwono Kusumaatmadja menekankan isu kesamaan hak bagi perempuan patut terus digaungkan. Perjuangan tersebut melihat dari fakta bahwa hari ini masih banyak kasus-kasus yang menimpa perempuan.


Jusuf Kalla Buka Gelaran Edukasi Lingkungan
2019/07/18 - 01:59 am

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 11-13 Juli 2019. Agenda ini dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.


Kebijakan Barang dan Jasa yang “GREEN”
2019/07/18 - 01:54 am

Dalam perjuangan melawan perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) giat melakukan banyak tindakan. Pola konsumsi dan produksi, baik dalam kehidupan masyarakat maupun Pemerintahan didorong untuk ramah lingkungan. Pengadaan barang dan jasa menjadi salah satu aspek yang disasar.


Workshop ERPA
2019/07/12 - 04:22 am

_JAKARTA_ Kesepakatan Pembayaran Pengurangan Emisi atau Emission Reductions Payment Agreement (ERPA) rencananya akan ditandatangani pada Desember 2019 antara Pemerintah Indonesia dan World Bank (WB). Dalam rangkaian persiapan menuju hal tersebut, WB sebagai trustee atau lembaga pemegang amanah dana karbon Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) memfasilitasi pelaksanaan workshop ERPA. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai dokumen kondisi umum dan ketentuan komersil ERPA yang akan dinegosiasikan oleh kedua pihak.


Alam akan Bekerja Jika Kita Peduli Dengannya
2019/07/01 - 02:30 am

_BOGOR_Bambang Istiawan menjadi pusat inspirasi pagi itu. Ia berhasil “membuat” hutannya sendiri, yang diusahakan selama 17 tahun. Hutan buatan yang berada di kawasan Megamendung, Bogor tersebut diberi nama hutan organik.


 
Pengunjung hari ini : 75
Total pengunjung : 47604
Hits hari ini : 217
Total Hits : 628004
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015