BERITA

Inspirasi Duo Srikandi BLI dalam Green Ramadhan
2018/06/08 - 08:13 am

Dua peneliti Badan Litbang dan Inovasi (BLI) tampil di Green Ramadhan, sebuah agenda mingguan selama Ramadhan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dr. Haruni Krisnawati dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (P3H) dan Dr. Virni Budi Arifanti dari Pusat Penelitian dan pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) tampil sebagai “Ilmuan Muda untuk Indonesia Hijau”. Mereka adalah sosok-sosok intelektual muda yang berkomitmen di dunia keilmuan.


Optimalisasi Dana Sawit dan Penyelesaian Masalah Tenurial Perkebunan Sawit
2018/06/08 - 01:15 am

Sebagai bagian dari upaya diseminasi dan memperkuat rekomendasi kegiatan Study on Governance Arrangements for Sustainable Palm Oil: Addressing Land Tenure and Fiscal Incentive Issue, maka dilaksanakan lokakarya “Kepastian Tenurial dan Optimalisasi Dana Sawit dalam Mendorong Praktik-praktik Pengelolalaan Sawit Berkelanjutan”. 


ISO/FDIS 14080, Satu Acuan untuk Aksi Iklim
2018/06/05 - 03:00 am

Beragam aksi iklim dilaksanakan oleh banyak pihak. Bagaimana cara membawa dan menyatukan semuanya untuk meraih capaian Paris Agreement?


Emisi GRK Menurunkan Gizi Padi
2018/05/30 - 08:02 am

Studi terbaru Universitas Washington mengenai kesehatan masyarakat mengatakan bahwa emisi gas rumah kaca (GRK) menimbulkan penurunan gizi pada tanaman padi. Peneliti menemukan bahwa kadar vitamin dalam padi lebih rendah ketika ditanam di wilayah konsentrasi karbon dioksida yang tinggi.


Batang Sawit jadi Kayu Solid
2018/05/25 - 06:55 am

Batang sawit yang dikenal lunak disulap menjadi kayu solid yang kuat dan papan lapis. Penemuan itu berasal dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH). Hal ini merupakan penemuan yang inovatif dan solutif mengingat luasnya kebun kelapa sawit di Indonesia berpotensi menimbulkan limbah batang sawit yang menuggu untuk di daur. 


Listrik dari Limbah
2018/05/24 - 07:46 am

Limbah cair kelapa sawit (POME) dapat diolah menjadi energi dan dimanfaatkan untuk memasok listrik masyarakat. Bagaimana caranya?


Revitalisasi Mata Pencaharian Masyarakat Berdasar Praktik Pemanfaatan Lahan Gambut oleh Masyarakat
2018/05/23 - 06:23 am

Pada gambut tipis perlu dibuat parit sebagai batas antar lahan dan parit cacing di tengah lahan. Masyarakat di desa gambut tebal perlu mendapat pendampingan teknik pengolahan lahan dan pemilihan jenis tanaman. Penanaman sawit dapat dilakukan di lahan gambut yang baru dibuka, sedangkan pinang dan kopi sebaiknya di lahan gambut matang atau sudah dibuka 5 s/d 10 tahun. Sawit rakyat tidak cocok ditanam di lahan gambut tebal.


RIL-C dan Upaya Penurunan Emisi di Kalimantan Timur
2018/05/21 - 02:17 am

Dua faktor utama yang menyumbang emisi terbesar adalah kegiatan deforestasi dan praktik logging. Dengan demikian untuk memperoleh result-based payment dari skema Carbon fund-FCPF, dua target terbesar dalam upaya penurunan emisinya diperoleh dari mencegah atau mengurangi deforestasi dan dari praktik melaksanakan RIL-C.


Pengelolaan HCV di Sektor Berbasis Lahan Sebagai Strategi Kebijakan Pengurangan Emisi di Indonesia
2018/05/16 - 01:35 am

Sejauhmana kebijakan yang ada mampu melindungi areal APL yang mengandung nilai konservasi tinggi? Apakah kebijakan yang mendukung penerapan HCV mampu menekan deforestasi? Apakah pemerintah memberikan insentif bagi perusahaan yang melindungi areal HCV di wilayah konsensinya? 


Sinergi BAPPENAS-OECD: Langkah Awal Penyusunan Rencana Pembangunan Rendah Karbon
2018/05/11 - 01:08 am

Rencana Pembangunan Rendah Karbon (RPRK) merupakan langkah nyata Indonesia merespon isu perubahan iklim. Penyusunan RPRK tersebut merupakan pengarusutamaan perubahan iklim dan pertumbuhan hijau sehingga dicapai keseimbangan pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan pengurangan emisi gas rumah kaca.Sebagai pembelajaran dari proses penyusunan NDC dan RPJMN 2020-2024, sejauhmana RPRK tersebut disusun?


 
Pengunjung hari ini : 35
Total pengunjung : 35299
Hits hari ini : 81
Total Hits : 511254
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015