BERITA

Metode yang Tepat Menjadi Kunci Keberhasilan Restorasi Ekosistem
2018/12/10 - 07:30 am

BOGOR_Hutan memiliki peran strategis dalam kehidupan dan pembangunan nasional. Ironisnya, Statistik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2017) mencatat bahwa dari 120,39 juta ha kawasan hutan, 34,54 juta ha di antaranya (28,7%) dalam kondisi tidak berhutan. Oleh karena itu, diperlukan upaya pemulihan dan restorasi ekosistem yang efektif untuk mengembalikan fungsi dan peran hutan tersebut.


Sumber Daya Manusia KLHK, Apa yang Diharapkan?
2018/11/30 - 09:08 am

_BOGOR_Kegiatan Focus Group Discussion (FGD)  yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Rabu, 28 November 2018 di Hotel Ashley, Jakarta - yang dimulai sekitar jam 13.30 wib memang hanya membahas sumber daya manusia di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tidak tanggung-tanggung, yang didiskusikan adalah bagaimana rancangan pembangunan SDM bidang LHK - untuk penyusunan RPJMN Kehutanan 2020-2024.


Sektor Swasta untuk Mitigasi Perubahan Iklim
2018/11/27 - 06:26 am

_SAMARINDA_Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), Dr. Ir. Syaiful Anwar M.Sc., menekankan pentingnya peran swasta dalam proyek penurunan emisi di Kalimantan Timur (Kaltim). Menurutnya, sektor swasta memiliki kapasitas yang dapat disumbangkan untuk upaya-upaya mengurangi deforastasi dan degradasi hutan dan lahan.


Gelaran Seminar Peran Dunia Usaha dalam Pengendalian Perubahan Iklim
2018/11/27 - 05:49 am

_SAMARINDA_Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) mengadakan Seminar “Peran Sektor Swasta dan Peluang Insentif dalam Pembangunan Rendah Karbon di Kalimantan Timur” pada Selasa (27/11/2018). Acara yang berlangsung di Hotel Aston, Samarinda tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kalimantan Timur (Kaltim) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kaltim. Tujuannya, menemukan jawaban atas pertanyaan bagaimana peran sektor dan kontribusi sektor swata berbasis lahan terhadap pembangunan rendah karbon dan peluang insentif seperti apa yang akan diterima.


Optimisme ACIAR Project FST/2016/144 Menatap ke Depan
2018/11/27 - 01:36 am

BANJARBARU_Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) dan Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru sebagai representasi Badan Litbang dan Inovasi (BLI) memfasilitasi Review and Directions Workshop ACIAR Project FST/2016/144: “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia”. Acara yang digelar di Hotel Novotel, Banjarbaru, berlangsung selama tiga hari, tanggal 13-15 November 2018. Pertemuan semacam ini merupakan agenda tahunan dengan tujuan me-review kegiatan, memberikan arahan dan rekomendasi untuk kegiatan ke depan.


Milenial dalam Perubahan Iklim
2018/11/26 - 02:37 am

BOGOR_Jika upaya pengendalian perubahan iklim yang dianggap berat dan rumit dapat diterjemahkan dengan gaya sederhana dan kekinian, tentu isu ini akan mudah dipahami dan dirasakan. Apalagi jika “actor” yang memantiknya adalah seorang siswa kelas X, yang merupakan generasi milenial.


BLI Adakan Workshop Menulis KTI untuk Jurnal Internasional
2018/11/16 - 09:21 am

_Banjarbaru_Salah satu rangkaian kegiatan kerjasama ACIAR FST/2016/144 “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia” adalah ACIAR Scientific Paper Writing Workshop. Badan Litbang dan Inovasi (BLI) melalui Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) dan Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru menyelenggarakannya selama empat hari (7-10 November 2018) di Banjarbaru. Tujuannya adalah memfasilitasi peneliti untuk meningkatkan keterampilan menulis dan menuangkan ide ke dalam karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional terkemuka.


Baseline Pendapatan Rumah Tangga dan Emisi Level REDD+, Bagaimana Mengukur Signifikansi Keberhasilannya?
2018/11/15 - 03:39 am

JAKARTA_Community-based REDD+ merupakan tema yang dilekatkan pada Forest Investment Program (FIP), suatu kerjasama kegiatan antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan) dengan Asian Development Bank (ADB). FIP-1 adalah program pendanaan khusus untuk penanggulangan deforestasi dan degradasi hutan sehingga merupakan bingkai besar berbagai kegiatan berbasis masyarakat untuk tujuan tersebut.


Seren Taun Cisungsang: Bentuk Laporan Para Rendangan
2018/11/14 - 02:10 am

BOGOR_Henriana Hatra Wijaya yang akrab disapa Kang Nochi menyampaikan bahwa ada satu ritual tahunan yang dilakukan Kasepuhan Adat Cisungsang, yaitu Balik Taun Rendangan atau Seren Taun. Dia menceritakannya dalam kesempatan penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) “Rasionalitas Persyaratan Hutan Adat dalam Mendukung Legalitas Hutan” oleh Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI). Kasepuhan Adat Cisungsang terletak di tepi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.


Tantangan dan Kendala Penetapan Hutan Adat
2018/11/13 - 08:48 am

Bogor_Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 35 Tahun 2012 menjadi tonggak “kemerdekaan” Masyarakat Hukum Adat (MHA) dan koreksi konstitusional atas “negaranisasi hutan”. Sayangnya, kemerdekaan itu belum dirasakan penuh oleh MHA sebab mandat konstitusional itu belum dijalankan secara utuh dan konsekuen. Demikian ungkapan Eko Cahyono dari Sajogyo Institute pada Focus Group Discussion (FGD) “Rasionalitas Persyaratan Hutan Adat dalam Mendukung Legalitas Hutan” yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), Senin,  5 November 2018 di Bogor.


 
Pengunjung hari ini : 100
Total pengunjung : 40490
Hits hari ini : 212
Total Hits : 552549
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015