BERITA

JPSEK Berhasil Pertahankan Akreditasi
2018/10/01 - 02:56 am

Bogor_Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan(JPSEK), salah satu jurnal ilmiah terbitan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) berhasil mempertahankan akreditasi. Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 21/E/KPT/2018 tanggal 9 Juli 2018 menetapkan JPSEK sebagai jurnal ilmiah terakreditasi peringkat 2.


Masalah Notifikasi di OJS, Kendala Kecil namun Mengganggu
2018/09/18 - 06:40 am

Pengelolaan jurnal ilmiah terbitan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) terus diupayakan kian membaik. Memenuhi keinginan itu, pengelola jurnal mengadakan dua kali pertemuan di P3SEKPI, yaitu pada Jum’at (07/09/2018) untuk Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan (JAKK) dan Senin (10/09/2018) untuk Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan (JPSEK). Pada pertemuan itu, mencuat keluhan tentang “notifikasi” pada Open Journal System (OJS). Kendala notifikasi ini terlihat kecil, namun dapat menggangu proses perjalanan jurnal.


Berbareng Garap Lahan Gambut Menuju Lanskap Lestari
2018/09/17 - 04:52 am

Kebakaran lahan gambut telah menjadi perhatian Indonesia dan dunia internasional. Inisiasi pelesatarian datang dari berbagai pihak, yang salah satunya adalah Zoological Society of London (ZSL). Melalui Proyek Kemitraan Pengelolaan Lanskap Sembilang Dangku (Kelola Sendang), ZSL bekerja sama dengan PT Global Alam Lestari dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) membuat desain Pengelolaan Tata Air Terpadu pada Skala Kesatuan Hidrologi Gambut (KHG) di Sumatera Selatan.


Knowledge Management, Strategi Baru ACIAR dalam Menjulangkan Penelitian Kebakaran Lahan dan Restorasi Gambut
2018/09/13 - 04:05 am

Kerjasama penelitian antara Indonesia dengan Australia melalui Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) telah berlangsung lama. Selama ini ACIAR lebih mengedepankan penelitian sebagai landasan utama rekomendasi kebijakan guna mendukung pertumbuhan ekonomi di bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan. Kini, untuk kerjasama penelitian FST 2016/144 “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia”, ACIAR melengkapi praktik penelitiannya dengan satu cara baru yakni knowledge management.


Konsolidasi Keilmuan Untuk Kajian DDDT Demi Penyempurnaan Masterplan Pembangunan Hutan di Indonesia
2018/09/13 - 03:25 am

Selasa, 4 September 2018, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) mengadakan pertemuan pembuka untuk melakukan kajian Daya Dukung Daya Tampung (DDDT). Pertemuan ini sebagai tindak lanjut penugasan Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) untuk mendalami soal DDDT, khususnya tentang air. Muaranya, hasil kajian akan digunakan sebagai bahan penyusunan masterplan redesign pembangunan hutan di Indonesia.


Revitalisasi Mata Pencaharian Masyarakat Kawasan Gambut di APL
2018/08/29 - 07:23 am

BOGOR_Analisis mata pencaharian masyarakat di lahan gambut merupakan kajian penting untuk mencapai target restorasi gambut seluas 2,4 juta ha dalam kurun waktu tahun 2016-2020, termasuk 400 ribu ha kawasan gambut di areal penggunaan lain (APL) yang pengelolaannya melibatkan masyarakat.


Ilmuwan Temukan Cara Produksi Magnesit, Mineral Penghambat Pemanasan Global
2018/08/23 - 03:29 am

Para ilmuwan menemukan cara memproduksi magnesit, mineral yang dapat menyimpan karbon dioksida. Jika diaplikasikan di sektor industri, maka hal tersebut menjadi jalan untuk mengurangi emisi karbon. Secara tidak langsung, hal itu akan menghambat pemanasan global yang ditimbulkan oleh terjadinya perubahan iklim.


10 Sumbangsih Perubahan Iklim yang Menyulut Kebakaran Hutan
2018/08/20 - 03:38 am

Kebakaran hutan telah menjadi fenomena. Hal itu mengusik para ilmuan untuk meneliti bagaimana hubungan antara perubahan iklim dengan meningkatnya kebakaran hutan. David Bowman, profesor Biologi Perubahan Lingkungan dari Universitas Tasmania mengatakan bahwa lokasi hutan yang terbakar sudah dalam kondisi yang (rusak) parah.


Ruang Pasar Karbon Terbuka Lebar: Kabar Gembira untuk Upaya Pengendalian Perubahan Iklim
2018/08/20 - 03:07 am

Pendanaan untuk mendukung penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui pasar karbon membuka ruang untuk Indonesia. Ruang tersebut berada di bawah payung Paris Agreement, kesepakatan pengendalian perubahan iklim global.


Kajian Sosial Ekonomi, Kepingan Penting dalam Pengembangan Hutan Penelitian Cikole
2018/08/13 - 06:48 am

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) telah melaksanakan berbagai kegiatan penelitian terkait interaksi kelompok sosial dengan ekosistem hutan. Dinamika interaksi yang negatif seharusnya dapat terjawab dengan berbagai hasil penelitian tersebut, sehingga hubungan kausalitas yang saling menguntungkan di antara keduanya dapat berkontribusi bagi pembangunan nasional, khususnya sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Oleh karena itu, tindakan lebih lanjut dari berbagai riset dan studi sebagai sebuah pengembangan merupakan langkah yang penting. 


 
Pengunjung hari ini : 94
Total pengunjung : 38824
Hits hari ini : 230
Total Hits : 538226
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015