BERITA

Rantai Nilai Dalam Komersialisasi Sengon
2017/11/29 - 07:25 am | 85 KLIK

Berkaitan dengan komersialisasi tanaman sengon (Paraserianthes falcataria),  banyak informasi yang masih ingin digali, seperti misalnya:

1) siapa saja aktor yang terlibat dan berapa nilai tambah yang diperoleh, dan

2) bagaimana distribusi keuntungan di tiap rantai pemasaran terjadi

Hal-hal seperti di atas penting untuk diketahui mengingat peluang komersialisasi sengon berkembang sangat pesat di Indonesia. Namun demikian masih terdapat kendala utama terkait supply - demand yaitu kesenjangan kayu yang dihasilkan petani serta kualitas kayu apakah telah memenuhi harapan industri pengolahan atau belum. Peneliti Puslitbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan, dan Perubahan Iklim melakukan penelitian untuk menggali informasi tersebut.

Hasil penelitian memperlihatkan dua tipe umum dari rantai nilai pemasaran sengon, yakni ‘rantai langsung’ dan ‘rantai tradisional.’ Rantai langsung ternyata memiliki peluang peningkatan pendapatan bagi petani hutan yang cukup besar. Alasannya adalah bila dengan rantai langsung, petani hutan lebih memahami dinamika pasar sengon dan hal ini menyebabkan mereka dapat memilih target ke mana mereka akan menjual hasil hutannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari usaha kehutanan yang mereka lakukan. Sebaliknya, bila petani hutan tidak melakukan hal di atas, maka peran tersebut akan diambil alih oleh pedagang kayu sehingga dalam pemasaran sengon, pedagang kayu di tingkat desa sangat berperan penting dalam menghubungkan petani kayu rakyat dengan pasar komersial.

Kondisi di atas telah dieksplorasi dan dituangkan oleh tim peneliti ke dalam tulisan berjudul ‘Understanding the timber value chain in community-based forestry in Indonesia: Analysis of sengon in Central Java’ yang diterbitkan oleh Journal of Sustainable Forestry. Sajian informasi dalam tulisan tersebut dapat diakses secara lengkap melalui http://www.tandfonline.com/eprint/aavTCem7jGZwFwAmFIUM/full

 

Sumber : enhancing-cbcf.puspijak.org


 
Pengunjung hari ini : 26
Total pengunjung : 38087
Hits hari ini : 66
Total Hits : 532273
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015