BERITA

P3SEKPI Menuju Pusat Unggulan Iptek
2018/01/09 - 05:00 am | 85 KLIK

P3SEKPI menghadiri “Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan” yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) di Auditorium Lt.3 Gedung II BPPT, Thamrin – Jakarta Pusat pada tanggal 13 Desember 2017. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang (kelembagaan, sumber daya, dan jaringan IPTEK) menjadi bertaraf  internasional dalam bidang prioritas spesifik.

Disaksikan oleh Bapak Mohamad Nasir selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, P3SEKPI melakukan penandatanganan Dokumen Masterplan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek Tahun 2017 bersama dengan 29 lembaga litbang lainnya berproses menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk periode 2018 sampai dengan 2020.

Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan, apresiasi ini bertujuan untuk meningkatkan dan menggalakkan suatu inovasi dalam negeri. Inovasi berperan penting dalam meningkatkan daya saing bangsa. Inovasi juga harus berujung pada produk bermanfaat. Inovasi itu dari sebuah ide yang berujung pada temuan, bila sudah menjadi temuan harus bisa dihilirisasikan serta dikomersialisasikan. Inovasi yang tidak bisa dikomersialisasikan, maka itu bukan inovasi lagi dan hanya akan memenuhi referensi saja.

Program PUI digelar sebagai upaya memperkuat keunggulan Indonesia melalui peningkatan kualitas kelembagaan iptek dan dikti. Di mana, diharapkan, peranan iptek dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian nasional. Dengan adanya PUI, maka lembaga litbang bisa berkontribusi lebih untuk menggerakkan sektor industri barang dan jasa berbasis inovasi, sehingga akan meningkatkan daya saing ekonomi bangsa.  Penguatan kelembagaan menjadi unsur penting untuk memfasilitasi kegiatan dalam kerangka pembinaan kelembagaan Iptek dan Dikti. Langkah ini akan terus dikembangkan untuk mewujudkan sistem kelembagaan litbang di Indonesia yang menghasilkan lembaga litbang yang unggul, inovatif, dan berdaya saing.

Penulis : Agus Purwanto



 
Pengunjung hari ini : 29
Total pengunjung : 38089
Hits hari ini : 91
Total Hits : 532298
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015