BERITA

Perlawanan terhadap dampak negatif perubahan iklim dalam Festival Iklim 2018
2018/01/19 - 02:26 am | 33 KLIK

Festival Iklim 2018 merupakan sebuah kegiatan yang istimewa, dihelat di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta pada hari selasa 16 Januari 2018. Perhelatan Ini merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya dihelat pada tahun 2016.

Dalam membuka acara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menjelaskan bahwa Indonesia unggul dalam menghadapi dampak perubahan iklim. “… ketahanan bangsa kita, cukup teruji dengan adpatasi dengan modal social yang cukup kuat. Ini beum tentu dimiliki bangsa yang lain.” Ujarnya.

Keseriusan Indonesia dalam melanjutkan Paris Agreement, sebagaimana sudah ditegaskan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bukanlah sebuah omong kosong. “Kami sudah menyiapkan aktivitas-aktivitas dan instrumen sampai ke tingkat lapangan, meski harus mencakup wilayah Indonesia yang besar.” Kata Bu Siti.

Keunggulan yang didapat, juga berkat dukungan dari berbagai pihak, mulai dari parlemen, LSM, aktivis, akademisi, dan korporasi. Terbukti, selain Menteri KLHK, Festival Iklim 2018 dihadiri oleh para Menteri Kabinet Kerja, untuk memberikan pesan tentang perubahan iklim. Tampak hadir Menteri KLHK, Menteri ESDM, Menteri Perindustrian, Menteri Pertanian, Menteri Desa dan PDT, Menteri Luar Negeri, Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. 

Perubahan iklim merupakan isu yang cukup kompleks, sehingga festival ini, selain menjadi ajang informasi terkini terkait pengendalian perubahan iklim di Indonesia, juga menjadi sarana edukasi. Sebut saja agenda Dialog iklim dengan anak sekolah. Agenda ini merupakan dialog edukatif mengenai perubahan iklim yang melibatkan anak-anak sekolah tingkat SD sampai SMP. Dialog yang dilakukan kian meriah dengan diselingi lomba-lomba kecil dan doorprize.

Indonesia sedang dan terus berusaha sekuat tenaga melawan dampak negatif perubahan iklim. semua pihak, semua kementerian terkait, memberikan arahan yang bertujuan menurunkan emisi gas rumah kaca. Tanggung jawab angka penurunan emisi gas rumah kaca berada di tangan Pemerintah, namun usahanya merupakan tanggung jawab kita semua. Itulah yang ingin dikatakan oleh festival ini.


 
Pengunjung hari ini : 48
Total pengunjung : 31057
Hits hari ini : 210
Total Hits : 484222
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015