BERITA

Kaltim Siap Mengamankan Kebijakan Perlawanan Terhadap Dampak Negatif Perubahan Iklim
2018/01/23 - 01:30 am | 39 KLIK

PUSPIJAK.ORG, Jakarta- Dalam menghadapi fenomena perubahan iklim, Kalimantan Timur sudah menyiapkan beberapa hal. Salah satunya adalah pembuatan masterplan atau rancangan Perda perubahan iklim. Demikian pernyataan Kepala Seksi Program Lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Fadli, dalam salah satu agenda diskusi di Festival Iklim 2018 (16-17 Januari 2018) di Jakarta.

Fadli menjelaskan, masterplan tersebut nantinya akan menjadi blueprint untuk pemimpin Kaltim berikutnya. Ia juga menambahkan, apabila sudah disahkan, akan sulit untuk dirubah. Ini merupakan upaya mengamankan kebijakan pengurangan efek gas rumah kaca tingkat provinsi. “siapapun pemimpinnya, InsyaAllah target akan tercapai”, katanya.

Saat ini, dokumen peraturan tersebut masih dalam tahap proses di DPRD Provinsi Kalimantan Timur. “Sudah masuk pembahasan akhir dan sudah tidak ada pertentangan. Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai”, ujarnya. Dukungan pembatasan gas rumah kaca untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim sejalan dengan harapan Provinsi Kalimantan Timur untuk pembangunan yang berkeadilan dan ramah lingkungan.

Harapannya “virus” yang diusung oleh Kaltim dapat menular ke daerah lain sehingga “perlawanan” kita terhadap dampak negatif perubahan iklim menjadi kian kokoh. ***Fai


 
Pengunjung hari ini : 48
Total pengunjung : 31057
Hits hari ini : 212
Total Hits : 484224
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015