BERITA

Pembelajaran dari Bandung (2): Semangat Membahagiakan Melalui Smart City
2018/01/24 - 12:34 pm | 115 KLIK



Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang telah dihasilkan. Konsep smart city merupakan salah satu inovasi untuk pengembangan perkotaan.

Secara umum, smart city adalah visi untuk mengintegrasikan informasi teknologi komunikasi (IT) dengan internet dan menjadikannya sebagai solusi yang aman untuk mengelola aset kota (City of Apps). Aset tersebut bisa berupa sistem informasi departemen lokal, sekolah, perpustakaan, rumah sakit, transportasi publik, pembangkit listrik, dan layanan masyarakat lainnya.

Salah satu contoh kota yang berhasil menerapkan konsep smart city adalah Tokyo. Hampir seluruh sektor pelayanan publik sudah menggunakan sistem informasi yang terintegrasi. Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengembangkan konsep smart city, sehingga layak untuk disambangi.

 

Bandung Smart City

Di Indonesia, Kota Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki semangat untuk menjadi smart city. Sebagai sebuah kota pariwisata, Kota Bandung memiliki prioritas meningkatkan pelayanan publiknya.

Pemerintah Kota Bandung menyadari bahwa kebutuhan penerapan smart city di kotanya bukanlah seperti konsep City of Apps, melainkan lebih kepada memaksimalkan pelayanan publik dalam berbagai bentuk.

Sebagai contoh, Pemerintah Kota Bandung meluncurkan program Kendaraan Konseling Silih Asih atau yang disingkat Kekasih. Program Kekasih merupakan layanan konseling untuk warga Kota Bandung yang sedang menghadapi masalah dan membutuhkan konsultasi. Program yang dijalankan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika ini akan mendatangi langsung warga yang menghubungi.

Program Kekasih diiniasi mengingat pentingnya peran pemerintah yang harus mampu memenuhi kebutuhan warga, tidak hanya dari segi kebutuhan pokok namun juga segi psikologis. Saat ini warga yang ingin berkonsultasi dengan tim Kekasih dapat menghubungi melalui piranti komunikasi yang dipasang di taman-taman Kota Bandung.

Ada juga program pelayanan publik lainnya seperti Bandung Planning Gallery (BPG). BPG adalah sebuah penampilan sejarah Kota Bandung dan perencanaan pengembangan kota ke depan melalui media foto dan lain-lain.

Semua program yang mendukung smart city diharapkan mampu menaikan indeks kebahagiaan warga Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung meyakini, warga yang bahagia merupakan ciri majunya sebuah kota.

 

P3SEKPI sebagai Smart Agency

Konsep smart city dalam konteks pengembangan wilayah untuk meningkatkan kebahagiaan masyarakatnya sangat bagus diterapkan di Kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI). Namun beberapa bagian dalam programnya mungkin tidak perlu diterapkan.

Sebagai contoh yakni Program Kekasih yang dijalankan Pemkot Bandung yang merupakan layanan konseling. Di tingkat pengembangan kota mungkin sangat perlu ada, mengingat keberagaman situasi masyarakat menyebabkan masalah yang dinamis. Namun jika areanya hanya satu kantor P3SEKPI saja sepertinya belum menjadi kebutuhan.

Meski begitu, semangat membahagiakannya lah yang harus ditiru. Bisa saja P3SEKPI memberikan layanan lainnya demi menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan warganya. Sebagai contoh, P3SEKPI bisa mengadakan taman yang dilengkapi meja, bangku dan wifi yang bisa dipakai untuk peneliti untuk bekerja sambil menikmati ruang terbuka. Dengan adanya tempat semacam itu pasti bisa meningkatkan kesegaran pikiran peneliti.

Dari segi sistem informasi, P3SEKPI sudah sangat tepat dalam membangun Sistem Informasi Penelitian. Sistem Informasi ini yang akan memudahkan pucuk pimpinan P3SEKPI dalam memantau laju penelitian dan mereview prosesnya.

Ke depan diharapkan Sistem Informasi Penelitian dapat dikembangkan menjadi Sistem Informasi yang lebih luas yang memliki fungsi membuat surat tugas dan lain-lain, sehingga memudahkan pegawai khususnya peneliti yang akan melaksanakan penelitian di diluar kota.

Poin informasi untuk masyarakat umum juga tak kalah penting. P3SEKPI harus berani mengembangkan sebuah media yang membantu siapapun untuk berkonsultasi. Seperti beberapa instansi pemerintah yang aktif mengembangkan media informasi yang bersifat fast feedback, kementerian kelautan dan perikanan melalui akun twitternya. Juga ada akun twitter TNI Angkatan Udara, yang senantiasa merespon warga dunia maya.

P3SEKPI bisa menjadi smart agency apabila dalam pengembangannya mampu mengamalkan nilai-nilai smart city. Tentu pengembangan yang dimaksud bukan hanya soal teknologi, namun juga bentuk-bentuk pelayanan untuk meningkatkan kenyamanan dan kebahagiaan.

Kota Bandung sudah mampu membuktikannya. Bandung yang sebelumnya memiliki banyak taman tak terawat dan beragam masalah sosial seperti gangster saja sekarang bisa bahagia, kenapa P3SEKPI tidak?


 
Pengunjung hari ini : 96
Total pengunjung : 39696
Hits hari ini : 243
Total Hits : 545324
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015