BERITA

Kepala P3SEKPI Jabarkan Masterplan Pusat Unggulan Iptek
2018/01/29 - 04:51 am | 20 KLIK

P3SEKPI, Bogor-Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) menjabarkan masterplan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kebijakan Perubahan Iklim, Kamis (25/01) di Bogor. Penjabaran itu disampaikan oleh Kepala P3SEKPI, Syaiful Anwar dalam acara evaluasi kinerja 2017 rencana kerja (renja) dan anggaran 2018, serta persiapan kegiatan 2019. Masterplan ini berisikan perencanaan penguatan kapasitas lembaga, mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2032.

Syaiful menjelaskan, dalam upaya menjadi lembaga PUI, P3SEKPI fokus di tiga program. Pertama program penguatan kapasitas internal lembaga (sourcing adaptive capacity). Program ini berisikan penguatan kapasitas dan kapabilitas lembaga, penguatan sumber daya manusia, dan penguatan kapasitas akses informasi dan jejaring kerja.

Kedua penguatan kapasitas riset dan pengembangan (research and development capacity). Dalam rangka menjadi PUI, faktor kapasitas riset dan pengembangan wajib ditingkatkan. Program ini menjabarkan antara lain: menajamkan roadmap riset P3SEKPI, meningkatkan kuantitas dan kualitas peneliti, meningkatkan publikasi jurnal nasional dan internasional, peningkatan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), dan meningkatkan peran P3SEKPI dalam perumusan kebijakan penanggulangan perubahan iklim.

Ketiga penguatan kapasitas diseminasi (disseminating capacity). Program ini berisikan antara lain: peningkatan kualitas dan kuantitas printed publication, meningkatkan inisiasi dan menjadi main institutions penyelenggaraan seminar nasional dan internasional tentang perubahan iklim, kerjasama dengan stakeholder dalam hasil diseminasi hasil litbang, dan mengembangkan strategi komunikasi dengan decision maker. Strategi penguatan diseminasi menjadi sangat vital mengingat hasil penelitian P3SEKPI sangat bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. yang sudah tidak perlu diragukan lagi; tinggal dibutuhkan strategi komunikasi agar memberikan dampak yang signifikan.

Dengan adanya penjabaran masterplan ini, diharapkan P3SEKPI mampu melaksankan program secara sistematis, sehingga ke depan, P3SEKPI betul-betul layak menyandang gelar PUI. ***fai


 
Pengunjung hari ini : 48
Total pengunjung : 31057
Hits hari ini : 214
Total Hits : 484226
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015