BERITA

KONSULTASI PUBLIK SINTESIS PENGEMBANGAN EMISI GAS RUMAH KACA(GRK) KEHUTANAN
2014/09/16 - 06:04 am | 596 KLIK

Kamis, 10 Juli 2014, bertempat di Hotel Salak The Heritage-Bogor, Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan(Puspijak) melaksanakan agenda konsultasi publik terkait Sintesis RPI Pengembangan Emisi Gas Rumah Kaca(GRK). Luaran yang menjadi target untuk dicapai salah satunya adalah nilai default faktor emisi/faktor serapan GRK Kehutanan Nasional. Acara ini juga diharapkan memperkaya hasil penelitian RPI Pengembangan GRK Kehutanan yang sudah dilakukan sejak 2010-2014. Sintesis ini bertujuan untuk mencari kesimpulan/hasil penelitian selama kurang lebih 5 tahun.  Acara ini di buka oleh Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Keibjakan.

 

Guna memperkaya informasi terkait cadangan karbon, faktor emisi dan faktor serapan, maka diundang narasumber dari Direktorat Jenderal Planologi Kementerian Kehutanan dan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Konsultasi Publik ini dipandu/difasilitasi oleh Ir. Ari Wibowo, M.Sc dan juga di hadiri dari beberapa undangan antara lain Penelti Puspijak, UNREDD, KOICA, TNC-Berau Project, ICRAF, INCAS, Pustanling, Kementerian Pertanian dan peneliti-peneliti lain yang kompeten di bidang GRK.

 

Dari diskusi yang berkembang, draf Sintesis RPI yang disusun oleh tim peneliti Puspijak pada dasarnya telah " on the track" namun masih memerlukan penyempurnaan di beberapa bagian. Ini pertanda baik, apa yang telah dihasilkan ternyata cukup menarik minat banyak pihak untuk memberikan saran, masukan, kritik sehingga diharapkan sintesis itu akhirnya akan lebih baik.



Forest Policy and Climate Change Center 2014


 
Pengunjung hari ini : 64
Total pengunjung : 56534
Hits hari ini : 153
Total Hits : 730180
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015