BERITA

Batang Sawit jadi Kayu Solid
2018/05/25 - 06:55 am | 69 KLIK

Batang sawit yang dikenal lunak disulap menjadi kayu solid yang kuat dan papan lapis. Penemuan itu berasal dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH). Hal ini merupakan penemuan yang inovatif dan solutif mengingat luasnya kebun kelapa sawit di Indonesia berpotensi menimbulkan limbah batang sawit yang menuggu untuk di daur.

Dipaparkan oleh Wening Sri Wulandari dari P3HH, bahwa penemuan itu merupakan solusi sekaligus inovasi dari permasalahan limbah batang sawit yang membuat harap-harap cemas.

“Karakteristik kayu sawit sangat unik. Kadar air sawit sangat tinggi dan didalamnya mengandung zat pati yang sangat tinggi. Apabila limbah batang sawit hasil peremajaan dibiarkan begitu saja, maka akan mengundang banyak organisme dan dapat merugikan seperti menyerang sawit yang masih produktif.”, papar Wening dalam agenda Pojok Iklim (09/05/2018) di Jakarta.

Ia berkata, produksi kayu solid dan papan lapis berbahan batang sawit memiliki keuntungan lebih. Harga bahan murah serta biaya produksi rendah.

“Harga kayu sawit atau biaya ekspoitasi relative rendah. Selain itu kayu sawit mudah dikeringkan, dan memiliki jaminan pasokan yang terus meningkat di masa datang.”, katanya.

 Wening melanjutkan bahwa untuk terus mengembangkan penemuan ini, akan dibangun laboratorium khusus pengolahan batang sawit. Selain itu akan dilakukan berbagai kerjasama lintas lembaga demi terciptanya sinergi inovasi.

“Tahun ini (2018) akan dilaksanakan kembali kejasama dengan BPDP Kelapa Sawit untuk revitalisasi dan dukungan kerjasama.”, lanjutnya.

Penulis: Faisal

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 27
Total pengunjung : 38087
Hits hari ini : 74
Total Hits : 532281
Pengunjung Online : 3
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015