BERITA

Optimisme P3SEKPI untuk Meningkatkan Capaian Kegiatan 2018
2018/07/04 - 09:02 am | 18 KLIK

Mengawali Juli, tepatnya tanggal 3 Juli 2018, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) mengadakan evaluasi kegiatan 2018. Rapat yang dipimpin oleh Kepala P3SEKPI bertujuan untuk mengetahui capaian kegiatan 2018 serta masalah dan kendala yang dihadapi. Dari evaluasi tersebut selanjutnya akan diambil langkah-langkah yang diharapkan mampu memacu peningkatan capaian di periode selanjutnya.

Paparan Bidang Program dan Evaluasi menjelaskan bahwa realisasi keuangan (secara kumulatif) sampai dengan Juni 2018 adalah 43,38%. Bila sedikit lebih rinci, capaian rata-rata kegiatan penelitian sebesar 21,14%, kegiatan HLN (FCPF) sebesar 31,29%, policy brief sebesar 33,33%, dan relatif sedikitnya outcome hasil kegiatan penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah (KTI). Hal ini mencerminkan bahwa diperlukan upaya memacu peningkatan capaian kegiatan untuk semester selanjutnya.

Gambaran tersebut menggiring kepada diskusi yang konstruktif untuk menemukan cara meningkatkan capaian di tengah tahun berikutnya. Secara nyata, upaya tersebut tercermin dari kesiapan semua penanggungjawab untuk melaksanakan kegiatan, baik berupa perjalanan dinas ke lokasi-lokasi penelitian, penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD), pembahasan, pengadaan peralatan dan fasilitas kantor, dan lain-lain.

Kesepakatan yang tidak kalah penting adalah menerbitkan outcome hasil penelitian dalam bentuk KTI. Bidang Program dan Evaluasi akan mencermati kembali pagu anggaran P3SEKPI untuk mengalokasikan anggaran penerbitan buku, pedoman, dan policy brief yang draft-nya telah disiapkan oleh peneliti.


 
Pengunjung hari ini : 92
Total pengunjung : 36077
Hits hari ini : 308
Total Hits : 515702
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015