BERITA

Kajian Sosial Ekonomi, Kepingan Penting dalam Pengembangan Hutan Penelitian Cikole
2018/08/13 - 06:48 am | 48 KLIK

CIKOLE - Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) telah melaksanakan berbagai kegiatan penelitian terkait interaksi kelompok sosial dengan ekosistem hutan. Dinamika interaksi yang negatif seharusnya dapat terjawab dengan berbagai hasil penelitian tersebut, sehingga hubungan kausalitas yang saling menguntungkan di antara keduanya dapat berkontribusi bagi pembangunan nasional, khususnya sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Oleh karena itu, tindakan lebih lanjut dari berbagai riset dan studi sebagai sebuah pengembangan merupakan langkah yang penting.

Hutan Penelitian (HP) Cikole seluas 39,80 ha yang berlokasi di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat sangat potensial untuk objek pengembangan. Sayangnya, dalam konteks sosial, ekonomi, kebijakan, dan perubahan iklim, potensi tersebut belum teridentifikasi dengan baik. HP Cikole belum memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar hutan. Mata pencaharian utama masyarakat sekitar hutan sebagai petani (sayuran) dan pedagang di obyek-obyek wisata wilayah tersebut dianggap mampu mencukupi kebutuhan hidup mereka. Namun demikian, peran dan fungsi hutan secara langsung maupun tidak langsung dalam memberikan manfaat bagi mereka belum dipahami dan dirasakan secara seksama.

HP Cikole akan dikembangkan menjadi Kawasan Hutan Penelitian Ekowisata Iptek Cikole, melalui kerjasama Badan Litbang dan Inovasi (BLI) dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung untuk masa tiga tahun (2016-2018) dan akan diperpanjang. Ruang lingkup pengembangan adalah:

-  Sarana pendidikan, penelitian, dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat melalui inovasi ilmu kepariwisataan dengan penerapan konsep ekowisata iptek yang berkelanjutan.

-  Berbasis lingkungan hidup dan kehutanan.

-  Pengembangan sarana dan prasarana berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi lingkungan hidup dan kehutanan.

-  Pengembangan ekonomi masyarakat sekitar dalam kegiatan ekowisata iptek.

-  Riset dan inovasi untuk mendukung upaya konservasi dalam kegiatan pariwisata.

Dalam perjalanannya, STP Bandung sangat membutuhkan informasi tentang kajian sosial ekonomi untuk pengembangan ekonomi masyarakat sekitar dalam kegiatan ekowisata iptek. Mereka berharap P3SEKPI terlibat dalam kerjasama sehingga program tersebut menjadi utuh. Desain kelembagaan, skema investasi pengembangan, serta model promosi dan pemasaran yang tidak konvensional menjadi kebutuhan dalam mengoptimalkan keberhasilan program pengembangan yang kini tengah berjalan.

HP Cikole tentu tidak dikembangkan secara individual. Kebutuhan akan integrasi merupakan keniscayaan. Beberapa lembaga seperti Pusat Litbang Hutan (P3H), STP Bandung, Perhutani, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, merupakan lembaga yang sangat potensial sebagai mitra pengembangan.

 

Penulis: Y. Rochmayanto

Editor: Haryono


 
Pengunjung hari ini : 25
Total pengunjung : 38087
Hits hari ini : 40
Total Hits : 532247
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015