BERITA

NASA Meluncurkan Satelit Penghitung Karbon
2019/01/09 - 08:51 am | 155 KLIK

_BOGOR_Badan Penerbangan dan Antariksa milik Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration atau yang biasa disingkat NASA baru saja meluncurkan sebuah satelit yang bertujuan untuk mengukur hutan dunia. Pengukuran yang dilakukan termasuk mengukur jumlah karbon yang tersimpan di dalam hutan.

Dilansir dari Voice of America (VOA) Indonesia, Ralph Dubayah dari Program The Global Ecosystem Dynamics Investigation (GEDI) NASA mengatakan sudah sejak lama para ilmuwan NASA ingin mengetahui berapa besar karbon yang tersimpan dalam hutan dunia. Keinginan itu didasari atas terjadinya fenomena perubahan iklim yang disebabkan “hilangnya” hutan oleh tangan-tangan manusia. Dikutip dari nasa.gov., GEDI merupakan sebuah program untuk mengkarakterkan dampak perubahan iklim dan penggunaan lahan terhadap struktur dan dinamika ekosistem.

"Kita perlu peta global yang baik yang bisa menunjukkan di mana karbonnya. Dan alasannya adalah karena setiap kali kita menebang pepohonan, kita akan melepaskan karbon ke atmosfer dan kita tidak tahu berapa banyak karbon yang dilepaskan”, papar Dubayah.

Bagaimana cara satelit tersebut melakukan perhitungan karbon hutan dunia? Dijelaskan oleh Bryan Blair, ilmuwan instrumen GEDI yang menggunakan teknologi refleksi.

"GEDI adalah altimeter laser, jadi merupakan instrumen optikal aktif. Ada laser yang memancarkan pulsa cahaya menuju bumi, kemudian direfleksikan dari bumi dan kemudian kami menerima refleksinya”, paparnya.

Blair melanjutkan, pengukuran refleksi tersebut memungkinkan para ilmuwan menentukan secara tepat ketinggian dan berat pepohonan dalam hutan dan lingkungan kita. Lebih spesifik, hal itu juga akan membantu para ilmuwan untuk mengetahui seberapa banyak karbon disimpan, dan juga hal lain seperti di mana ada ruang untuk menanam lebih banyak pohon, dan berapa banyak karbon dilepaskan ke atmosfer.

 

 

Sumber: VOA Indonesia, NASA

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 95
Total pengunjung : 50633
Hits hari ini : 160
Total Hits : 691594
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015