BERITA

Data Forest Inventory P3SEKPI sebagai Katalis SIMONTANA
2019/03/04 - 01:55 am | 44 KLIK

_BOGOR_Hasil penelitian dari kerjasama Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) dengan World Bank melalui Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) berupa data forest inventory dapat menjadi instrumen pengembangan National Forest Monitoring System (NFMS)/Sistem Monitoring Hutan Nasional (SIMONTANA). Data yang berisi informasi berbagai tutupan lahan di berbagai wilayah Indonesia itu dapat menjadi katalis sistem informasi untuk memantau kemajuan penurunan emisi karbon di Indonesia.

“P3SEKPI mempunyai data forest inventory sebanyak lebih dari 700 plot yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, mewakili berbagai tutupan hutan”, ujar Donny Wicaksono, penelti P3SEKPI dalam rapat pengembangan SIMONTANA pada Rabu (13/02/2019) di Jakarta.

NFMS/SIMONTANA merupakan sistem informasi yang dibangun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Menggunakan alamat website http://webgis.menlhk.go.id:8080/nfms_simontana/, SIMONTANA digunakan sejak 2012.

Fungsi utama SIMONTANA adalah monitoring hutan dengan melihat kebutuhan potensinya. Salah satu hasil dari sistem ini adalah informasi mengenai capaian Indonesia dalam menurunkan emisi secara berkelanjutan. Upaya tersebut kemudian divisualisasikan melalui penampilan informasi dalam bentuk citra satelit, penutupan lahan, deforestasi, potensi sumberdaya hutan, dan hotspot.

SIMONTANA kini direncanakan untuk dikembangkan. Pasalnya, dinamika isu lingkungan dan perubahan iklim yang terus berkembang menyebabkan meningkatnya permintaan informasi penurunan emisi di Indonesia. Pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) juga menjadi dasar pertimbangan dikembangkannya aplikasi tersebut.

Diselenggarakan oleh Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumberdaya Hutan (IPSDH), diskusi ini bertujuan melakukan evaluasi, menjaring masukan tentang apa yang dimiliki, dan apa yang dibutuhkan untuk pengembangan SIMONTANA.

Dalam kesempatan itulah, Mega Lugina (juga peneliti P3SEKPI) dan Donny yang hadir sebagai representasi Badan Litbang dan Inovasi (BLI) mengusulkan gagasan integrasi data forest inventory P3SEKPI ke SIMONTANA. Donny menegaskan bahwa hal itu akan sangat mendukung pengembangan sistem informasi tersebut.

“Akan sangat bermanfaat jika data ini dapat digunakan dan diintegrasikan ke dalam SIMONTANA”, pungkas Donny.  


Penulis : Faisal Fadjri  dan Hariono

Sumber Berita : Donny Wicaksono dan Mega Lugina

Editor : Hariono


 
Pengunjung hari ini : 69
Total pengunjung : 43531
Hits hari ini : 141
Total Hits : 582506
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015