BERITA

Gaya Hidup Zero Waste ala Siska
2019/03/12 - 04:08 am | 56 KLIK

_JAKARTA_Siska mengeluarkan sebuah tumbler dari tasnya. Tumbler sebesar botol air mineral ukuran sedang itu seakan menjadi perwujudan atas komitmennya untuk hidup tanpa plastik. Ia adalah salah satu orang yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dengan menjalani gaya hidup zero waste.

“Secara praktikal, zero waste adalah dengan menolak air minum dalam kemasan, membawa tempat makan sendiri, dan sampah sayuran mudah untuk dijadikan kompos”, paparnya saat menjadi pembicara dalam agenda Pojok Iklim pada Rabu (6/3/2019) di Manggala Wanabhakti, Jakarta.

Pemilik nama lengkap Siska Nirmala ini bercerita tentang gaya hidup zero waste yang ia jalani berawal dari kegelisahannya saat melihat tumpukan sampah di Gunung Rinjani.

“Sampah terbanyak di gunung-gunung adalah botol (air) mineral, menyedihkan”, ujarnya. Kegelisahan itu membuat ia menggagas zero waste adventure, gerakan edukasi gaya hidup tanpa sampah plastik melalui petualangan. Salah satu petualangan yang sering ia lakukan adalah mendaki gunung.

Lucunya, Siska mengaku sebenarnya ia termasuk orang yang tidak gemar mendaki gunung. Ia menganggap aktivitas tersebut menguras tenaga dan merepotkan.

“Sebenarnya saya gak suka naik gunung. Capek, mending di rumah aja”, selorohnya.

Kendati demikian, Siska tetap naik gunung. Ia tetap menjalani aktivitas yang tak disukainya demi gerakan edukasinya dapat sampai kepada kaum muda.  

“Tetap saya jalani karena naik gunung adalah metode yang efektif untuk menyampaikan soal zero waste”, kata Siska.

Siska yang telah menjalani ‘petualangan’ sejak 2010, dengan lihai memberi panduan bagi siapapun yang ingin naik gunung ala zero waste adventure. Ia menekankan untuk membawa perbekalan yang nantinya hanya menghasilkan sampah organik.

“Mendaki gunung dengan zero waste dapat membawa sayuran, buah, dan tempat minum. Jika mau membawa yang instan, ada nasi timbel”, jelasnya. “Tidak membawa tisu basah, tidak perlu membawa plastik sama sekali”.

 

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 74
Total pengunjung : 43533
Hits hari ini : 171
Total Hits : 582536
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015