BERITA

Penyelarasan Program Kerja Demi Dampak Positif Maksimal Bagi Masyarakat
2019/03/13 - 04:25 am | 87 KLIK

BOGOR_Kegiatan penelitian the Australian Centre for International Agricultural Research - Badan Litbang dan Inovasi (ACIAR - BLI) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) yang berjudul ”Enhancing CBCF (Community Based Commercial Forestry)” memasuki masa dua tahun terakhir dari lima tahun kegiatan yang akan berakhir di tahun 2020.

Awal permulaan tahun adalah waktu yang baik untuk melakukan penyelarasan program kerja tahunan. Dalam rangka itulah Project Leader kegiatan kerjasama ini, Dr. Digby Race, melakukan tatap muka dengan peneliti P3SEKPI yang terlibat. Pertemuan dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 Februari 2019 di P3SEKPI.

Pertemuan tersebut berhasil menyusun penyelarasan program kerja untuk satu tahun ke depan berdasarkan program kerja tahunan yang telah disusun pada pertemuan tahunan (annual meeting) di Semarang tahun lalu.

Selain itu, pertemuan juga menegaskan keberhasilan kerjasama ini dalam memberikan dampak positif (positive impacts) langsung yang dinikmati masyarakat atau petani hutan rakyat atau petani hutan tanaman rakyat. Dampak positif tersebut di antaranya adalah dilaksanakannya pelatihan MTG (Master TreeGrowers) dan pelaksanaan F2FM (Farmer to Farmer Mentoring) yang bersifat pendamping petani/masyarakat, di mana keduanya memberikan manfaat kepada petani-petani hutan tersebut.

Pelatihan MTG mengedepankan materi yang diusahakan dapat merangsang petani hutan untuk mengubah paradigma berpikirnya menjadi sangat menyadari bahwa mereka adalah pelaku langsung dan pelaku terdepan di dalam kehutanan yang bersifat komersial. Penekanan pelatihan MTG adalah 3M yakni pendekatan pasar (market), pendekatan pengelolaan (management), dan pendekatan pengukuran (measurement - objek yang menjadi lahan kelola utamanya). Adapun F2FM merupakan upaya sukarela mereka yang telah mendapat pelatihan MTG untuk berbagi kepada sesama petani atau warga masyarakat lainnya. Pendekatan F2FM yang sangat informal dan diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dan lebih efektif karena informasi diedarkan oleh sesama mereka.

Pertemuan tersebut lantas ditindak-lanjuti dengan diskusi intensif tim peneliti P3SEKPI pada tanggal 4 dan 5 Maret 2019. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan dan memantapkan program kegiatan penelitian tersebut.

Digby Race menyampaikan bahwa dengan penyelarasan yang dilanjutkan dengan diskusi tersebut maka seluruh anggota tim diminta untuk menyesuaikan agenda kegiatan karena kita akan "have a very busy year for our project." Betul, menjelang satu tahun berakhirnya proyek ini terasa makin berat bobot pekerjaannya, namun kita harus tetap optimis. Apa yang sudah direncanakan harus dapat dilaksanakan sesuai dengan target capaian.

Penulis: Bugi K. Sumirat

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 101
Total pengunjung : 45491
Hits hari ini : 260
Total Hits : 601106
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015