BERITA

Bocah SMP Ubah Kulit Durian Jadi Listrik
2019/05/06 - 04:29 am | 68 KLIK

_JAKARTA_Beberapa remaja kelas VIII berhasil mengubah kulit durian menjadi energi listrik. Penemuan itu mereka dapatkan dalam kegiatan penelitian kelompok di sekolahnya, Sekolah Alam Indonesia.

Sanchia Gedyazka Sehan, ketua tim penelitian mengatakan pemilihan kulit durian sebagai bahan utama karena durian adalah salah satu buah yang menghasilkan limbah organik paling tinggi. Kulit dan bijinya belum termanfaatkan untuk apapun.

“Sekitar 75% dari buah durian merupakan limbah. Dari satu buah durian, hanya daging buahnya saja yang dikonsumsi, sisanya dibuang dan belum dimanfaatkan untuk apapun”, katanya saat berkesempatan menjadi pembicara dalam Pojok Iklim pada Kamis (03/05/2019) di Manggala Wanabhakti, Jakarta.

Dalam sebuah video demonstrasi, Sanchia memperlihatkan proses pengubahan kulit durian menjadi listrik. Kulit durian yang sebelumnya sudah dibersihkan dari kulit luar yang kasar, ditumbuk hingga halus dan dimasukkan ke dalam sebuah baterai.

Baterai tersebut kemudian diaplikasikan dalam sebuah jam dinding dan mampu menyalakannya. “Kuat hingga 2,5 jam”, kata Sanchia ketika ditanya berapa lama ketahanan baterai dalam jam dinding tersebut.

Berdasarkan tiga pilarnya yakni akhlak mulia, kepemimpinan, dan logika berfikir ilmiah, Sekolah Alam Indonesia mendorong siswa-siswinya untuk menjadi pelajar yang kreatif dan logis. Para guru tidak membebani mereka dengan banyak tuntutan belajar seperti halnya di sekolah pada umumnya, namun lebih memberikan ruang untuk berkreasi.

Atas penemuannya itu, Sanchia dan timnya mendapat banyak kesempatan untuk presentasi di berbagai kegiatan, baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya, mereka akan menjadi presenter dalam konferensi internasional Caretakers of Environment International 2019 di Turkey yang akan diselenggarakan pada tanggal30 Juni hingga 6 Juli 2019.

 

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 98
Total pengunjung : 45491
Hits hari ini : 234
Total Hits : 601080
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015