BERITA

PUI Picu Tingkatkan Daya Saing P3SEKPI
2019/05/29 - 02:29 am | 46 KLIK

_BOGOR_Hampir setengah tahun berjalan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) menyandang status sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kebijakan Perubahan Iklim. Salah satu harapan yang menyertai status tersebut adalah semakin menguatnya posisi P3SEKPI sebagai lembaga penelitian di tingkat dunia.

Wahjudi Wardojo, salah satu supervisor PUI P3SEKPI mengatakan PUI dapat menjadi triggered untuk meningkatkan daya saing di dalam negeri maupun internasional. Menurutnya, selain dapat mendorong kualitas penelitian, PUI juga memaksa sebuah instansi untuk membenahi aspek administrasi.

“P3SEKPI punya banyak peneliti yang hebat, namun tidak akan dapat berkembang jika hanya mengandalkan hal itu. Harus didukung dengan administrasi, tata kelola organisasi, anggaran, dan diseminasi yang kuat juga. Semua komponen itu harus sukses. Saya lihat PUI mendorong itu semua”, katanya ketika memberikan arahan di agenda Forum Supervisi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kebijakan Perubahan Iklim, Jum’at (24/5/2019) di ruang rapat P3SEKPI, Bogor.

Mantan orang nomor satu di Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini juga berpesan agar P3SEKPI terus berjuang untuk meningkatkan kualitasnya. Isu perubahan iklim yang kian menjadi perhatian dunia akan membuat hasil penelitian P3SEKPI semakin dicari.

“Pusat ini sangat penting untuk Indonesia, setidaknya sampai puluhan tahun ke depan. Sudah banyak ahli mengatakan the biggest trap adalah climate change. Ketika orang berbicara climate change, dan tahu kalau P3SEKPI menghasilkan riset tentang climate change, dia akan cari pusat ini”, tutur Wahjudi.

Sementara itu, Iman Santoso, juga supervisor pada agenda yang sama, menekankan pentingnya P3SEKPI bersinergi dengan lembaga lain. Hal itu karenaterbatasnya anggaran lembaga litbang Pemerintah, tidak terkecuali P3SEKPI.

“Kita harus buat sinergi dengan riset lain. Melihat anggaran Litbang semakin loyo”, ujar pria yang pernah menjadi Kepala P3SEKPI tersebut.

Iman optimis P3SEKPI tidak akan kesulitan dalam halpendanaan. Seiring naik daunnya isu perubahan iklim di kancah internasional, banyak riset yang dilakukan berbagai organisasi di dunia. Kesempatan kolaborasi pun pasti akan melimpah.

“P3SEKPI sangat beruntung karena akan terlibat dalam penelitian besar dunia”, pungkas Iman.

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 58
Total pengunjung : 45966
Hits hari ini : 117
Total Hits : 609661
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015