BERITA

Jusuf Kalla Buka Gelaran Edukasi Lingkungan
2019/07/18 - 08:59 am | 127 KLIK

_JAKARTA_Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 11-13 Juli 2019. Agenda ini dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Perhelatan tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juli. Mengambil tema Biru Langitku, Hijau Bumiku, agenda ini dihadiri oleh Menteri LHK Siti Nurbaya, Gubernur Papua Barat, Gubernur Sulawesi Selatan, pejabat Pemerintah Pusat dan Daerah, LSM, serta media.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa Indonesia kini tengah mengalami peningkatan ekonomi. Kendati demikian ia menyayangkan peningkatan tersebut tidak dibarengi dengan baiknya kualitas lingkungan.

“Ekonomi Indonesia terus naik. Sayang hal itu ga dibarengi dengan aspek lingkungannya”, ujarnya.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi penyelenggaraan agenda ini. Menurutnya, Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan kesempatan yang baik dalam memberikan edukasi pada masyarakat tentang lingkungan.

“Acara ini merupakan kesempatan bagus untuk edukasi lingkungan pada masyarakat. Agar ke depan kita dapat bersama menumbuhkan masyarakat yang lebih baik, yang menjaga lingkungan”, tuturnya.

Pada  kesempatan ini juga, Jusuf Kalla memberikan penghargaan Kalpataru dan penghargaan khusus perempuan inspirator lingkungan hidup dan kehutanan. Penghargaan Kalpataru dibagi menjadi tiga kategori, yakni perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, dan penyelamat lingkungan.

Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019 akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain seminar, talkshow, lomba insinyur cilik, lomba menggambar dan mewarnai, lomba pemusik jalanan, dan eco driving rally.

Acara selama tiga hari ini diharapkan mampu memberi edukasi, khususnya kepada kaum milenial dan pelajar akan pentingnya gaya hidup ramah lingkungan. Selain itu, diharapkan juga mampu memberikan gambaran utuh nan praktis tentang situasi lingkungan dan menumbuhkan banyak inisiatif perbaikan dan penjagaannya.

 

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 6
Total pengunjung : 53663
Hits hari ini : 46
Total Hits : 710171
Pengunjung Online : 3
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015