BERITA

UKM dan Perubahan Iklim
2019/07/18 - 02:36 pm | 118 KLIK

_JAKARTA_Usaha Kecil dan Menengah (ukm) berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi negeri kita. Bahkan, lebih jauh bisa dibilang UKM adalah tulang punggung perekonomian negara. Lantas, bagaimana perkembangan UKM jika dilihat dari sisi lingkungan? Atau lebih spesifik, dilihat dari perspektif isu perubahan iklim?

Charles Wiriawan dari Climate Reality Leaders-sebuah lembaga adalah organisasi nirlaba yang terlibat dalam pendidikan dan advokasi yang terkait dengan perubahan iklim-mengatakan UKM sangat terkait dengan perubahan iklim. UKM dapat berdampak positif untuk memperbaiki keadaan yang diakibatkan oleh permasalahan global tersebut, atau sebaliknya, memperparahnya.

Dalam hal memperbaiki keadaan, Charles mencontohkan UKM yang menggunakan alat-alat hemat energi dan ramah lingkungan dalam proses produksinya.

“Proses produksi sangat penting. Sekarang semua produksi di indsutri memerlukan energi. Apabila UKM menggunakan alat-alat yang hemat energi, secara tidak langsung  mereka telah membantu memitigasi perubahan iklim”, ujar Charles dalam agenda Pojok Iklim, Rabu (17/7) di Manggala Wanabhakti, Jakarta.

UKM juga memiliki potensi memperparah keadaan, sama besarnya dengan memperbaikinya. Charles menyebutkan penggunaan transportasi berbahan bakar fosil sebagai salah satu contoh.

“Dalam UKM, kita butuh transportasi, sedangkan transportasi yang umum dipakai hari ini adalah yang menggunakan bahan bakar fosil. Hal itu menjadikan transportasi menjadi emitur terbesar”, papar pria yang juga seorang pelaku usaha tersebut.  

Maka itu Charles menekankan perlunya pihak-pihak terkait untuk mendorong kondisi UKM agar ramah lingkungan. Langkah pertama dapat dimulai dengan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya UKM, mengenai dampak dari apa yang mereka lakukan terhadap lingkungan.

 “Perlu ada edukasi tentang lingkungan, perubahan iklim, supaya kesadaran lingkungan lebih baik”, pungkas Charles.

 

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 42
Total pengunjung : 51861
Hits hari ini : 112
Total Hits : 698739
Pengunjung Online : 3
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015