BERITA

Annual Meeting ACIAR “Gambut Kita”
2019/10/08 - 10:27 am | 1570505300 KLIK

_JAKARTA_“Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia” adalah tema yang diusung dalam Annual Meeting (pertemuan tahunan) ACIAR Project FST/2016/144 atau ACIAR “Gambut Kita”. Diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Inovasi (BLI) melalui Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), pertemuan tersebut berlangsung pada 9-12 September 2019 di Jakarta. Ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah tahun sebelumnya dilaksanakan di Banjarbaru.

Pelaksana kegiatan, baik dari dalam maupun luar negeri, hadir dalam acara tersebut. Beberapa yang dapat disebut adalah: P3SEKPI, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang, BP2LHK Banjarbaru, Yayasan Tambuhak Sinta (YTS), Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), dan Universitas Palangka Raya (UPR). Mitra dari Australia yang hadir di antaranya CSIRO, Australian National University (ANU), University of Sunshine Coast (USC), La Trobe University, RMIT University, dan James Cook University.

Penelitian dilakukan di dua lokasi, yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan dan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Masing-masing lokasi dikoordinir oleh penanggungjawab wilayah. BP2LHK Palembang mengkoordinir penelitian di Kabupaten OKI, sementara BP2LHK Banjarbaru untuk Kabupaten Pulang Pisau.

Ada tiga agenda pertemuan yaitu Introduction and Project Progress, Steering Committee Meeting, dan Stakeholder Forum. Di hari pertama, internal tim membahas hasil kegiatan setahun, baik progress maupun challenges masing-masing objektif kegiatan. Sebagaimana diketahui, objektif (tujuan) proyek ACIAR FST/2016/144 adalah: 1) Mencegah kebakaran yang tidak diinginkan melalui penyebab dan pemicu kebakaran lahan gambut, 2) Mengidentifikasi opsi mata pencaharian yang inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat di lokasi gambut yang telah dibasahi kembali, 3) Mengukur dampak praktik restorasi lahan gambut pada karakteristik gambut, dinamika air, dan opsi sistem produksi, 4) Meningkatkan aspek kelembagaan, sosial dan kebijakan dari inisiatif restorasi gambut dan kebijakan pencegahan kebakaran lahan gambut, dan 5) Mendukung manajemen yang efektif dan penyebaran pengetahuan untuk restorasi lahan gambut dan pencegahan kebakaran. Setiap objektif memiliki seorang koordinator.

Steering Committee Meeting (Rapat Komite Pengarah) dilaksanakan pada hari kedua dengan mengundang Bupati OKI dan perwakilan instansi lain, baik pusat maupun daerah. Selain itu, dilangsungkan juga pertemuan mengenai proyek dari kegiatan Objektif 5 (Knowledge Management) berupa hasil temuan dan upaya pengembangan indikator dan kriteria untuk penilaian sendiri (self assessment) dalam menajemen pengetahuan.

Stakeholder Forum Meeting/SFM (Forum Pemangku kepentingan) dilaksanakan pada hari ketiga, dihadiri oleh perwakilan instansi/lembaga, baik pusat maupun daerah.  Beberapa yang hadir adalah P3SEKPI, Puslitbang Hutan, Badan Restorasi Gambut (BRG), Bappenas, Kemenko Perekonomian, Ditjen PPI - KLHK, Ditjen PPKL - KLHK, CIMPTROP, UPR, BP2LHK Banjarbaru, BP2LHK Palembang, Dinas PUPR Pulang Pisau, Dinas PMD Pulang Pisau, Dinas PMD OKI, Dinas LH Pulang Pisau dan Dinas LH OKI. Acara SFM berlangsung menarik dan diskusi dilakukan per kelompok berdasarkan tujuan proyek ACIAR.

Sebagai akhir rangkaian pertemuan, pada hari keempat dilakukan refleksi, observasi, dan perencanaan ke depan. Dr. Daniel Mendham selaku koordinator proyek menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi tim yang sudah melaksanakan pekerjaan dengan baik. Daniel menyampaikan bahwa kunci untuk memastikan bahwa proyek ini relevan dan bermanfaat untuk upaya restorasi gambut adalah keterlibatan para pemangku kepentingan dan lembaga pelaksana. “Oleh karena itu, diharapkan proyek ini bisa berjalan tidak hanya sendiri tetapi perlu dukungan semua pihak sehingga dapat membantu pemerintah Indonesia mengurangi kebakaran dan kabut asap”, ujar Daniel.


Penulis: Mohamad Iqbal

Editor: Haryono


 
Pengunjung hari ini : 95
Total pengunjung : 50633
Hits hari ini : 153
Total Hits : 691587
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015