BERITA

Bertemu demi Sempurnakan Buku
2019/10/31 - 02:55 pm | 1572508613 KLIK

_BOGOR_Tim peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) berkolaborasi dengan peneliti dari instansi lain telah menyusun dua draf buku, “Meretas Jalan Konflik Kehutanan di Indonesia” dan “Miniatur Resolusi Konflik di KHDTK”. Demi penyempurnaannya, pada Senin (28/10/2019) di Hotel Lor In, Bogor, P3SEKPI menyelenggarakan FGD.

“Tujuan kegiatan FGD ini adalah menjaring masukan berbagai pihak dalam rangka penyempuraan buku. Selain itu, juga menjadi bagian dari upaya kami dalam menyebarluaskan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan”, ujar Kepala Bidang PDTL, Agus Harya Setyaki, dalam sambutannya mewakili Kepala P3SEKPI.

Agus menjelaskan bahwa fenomena konflik, khususnya konflik kehutanan pasti akan merugikan semua pihak. Secara langsung maupun tidak langsung, masyarakat, Pemerintah, pengusaha, dan ekosistem hutan akan dirugikan.

“Data dari KPA tahun 2014, konflik agraria telah mengakibatkan 607.886 ha lahan menjadi tidak produktif. Akibatnya negara rugi sekitar Rp 146 T”, ujar Agus.

Untuk itu ia menekankan bahwa konflik yang terjadi harus dikelola dengan baik dan tidak hanya menguntungkan salah satu pihak. Resolusi yang diberikan harus memberi rasa adil terhadap semua. Kendati demikian, Agus menegaskan keadilan yang terbentuk harus proporsional.

“Resolusi konflik yang berkeadilan secara proporsional dan bertanggung jawab sangat diperlukan. Kita tidak mau konflik sejenis terjadi lagi tak berkesudahan yang tentu merugikan semua pihak”, pungkas Agus.

FGD dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Ditjen PSKL, P3H, P3HH, dan NGO. Sebagai reviewer, dihadirkan Ir. Denny Martin dan Dr. Ir. Suryo Adi Wibowo.

“Buku ini kaya dengan data terbaru yang menggambarkan ragam konflik kehutanan terkini di Indonesia serta upaya resolusi yang telah dilakukan dan disarankan setiap kasus. Sebuah buku yang perlu disambut dengan hangat dan penuh suka cita”, tulis Indah Bangsawan, Lukas R Wibowo, dan Subarudi dalam bagian Epilog buku tersebut.

 

Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Hariono


 
Pengunjung hari ini : 6
Total pengunjung : 53663
Hits hari ini : 28
Total Hits : 710153
Pengunjung Online : 3
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015