BERITA

Buku Operasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH)
2015/02/16 - 02:42 am | 715 KLIK

Tahun 2014 merupakan “Tahun Buku” bagi Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak). Tanpa mengesampingkan kontribusi peneliti dari Puslit dan UPT lain di lingkup Badan Litbang Kehutanan, cukup banyak buku yang dihasilkan peneliti Puspijak dan diterbitkan oleh penerbit skala nasional anggota IKAPI.

“Operasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH):

Langkah Awal Menuju Kemandirian”

Sampai saat ini upaya untuk mewujudkan operasionalisasi KPH masih menemui kendala. Banyak buku telah ditulis, diskusi dengan para pihak banyak digelar dan dukungan keb?akan banyak diluncurkan, tetapi tidak kurang banyaknya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Buku ini berisi kritikan, saran perbaikan dan uraian praktis untuk menuntun para praktisi KPH memberanikan diri maju melangkah agar KPH segera beroperasi.

Disajikan dalam bentuk bunga rampai, secara garis besar buku ini terdiri dari dua bagian:

Bagian pertama (Bab I - Bab VII) menguraikan tentang penyiapan kelembagaan KPH, dimulai dari konsep umum, kondisi terkini, upaya untuk melembagaan KPH, pembelajaran dari pengelolaan hutan di negara lain, kelayakan ekonomi usaha jasa lingkungan, struktur organisasi dan pemenuhan SDM hingga penataan tenurial di KPH.

Bagian kedua (Bab VIII - XIII) mengurai tentang opsi pengelolaan hutan, diawali dari pengelolan wisata alam, pengelolaan HHBK menuju kemandirian KPH, peluang KPH dalam skema REDD+ hingga peluang penangkaran beberapa satwa di KPH.

Selamat membaca

File DownloadOperasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH)


 
Pengunjung hari ini : 104
Total pengunjung : 45491
Hits hari ini : 271
Total Hits : 601117
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015