BERITA

Buku Hutan Tanaman Pangan: Realitas, Konsep, dan Pengembangan
2015/02/18 - 12:55 am | 620 KLIK

Pada tahun 2014 Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan (PUSPIJAK) telah menerbitkan sebuah buku yang merupakan hasil riset dari beberapa peneliti di PUSPIJAK. Buku tersebut diberi judul:

 “Hutan Tanaman Pangan: Realitas, Konsep, dan Pengembangan

Hutan adalah sumberdaya serbaguna penghasil beragam jenis barang dan jasa, termasuk pangan. Secara alami, hutan alam menghasilkan pangan nabati dan hewani. Sejak tahun 2000-an, tanaman pangan yang dibudidayakan kian beragam, mencakup tanaman pangan berupa pohon, perdu, palem dan tanaman semusim. Semua hutan tanaman, apakah hutan tanaman industri, hutan tanaman rakyat, hutan desa, hutan kemasyarakatan dan hutan tanaman HHBK, menghasilkan pangan atau (sebagian) arealnya dikelola untuk pangan. Di sisi lain, kontribusi kehutanan dalam mendukung ketahanan pangan belum terlihat nyata karena pangan dari hutan belum sepenuhnya dimasukkan sebagai hasil hutan.

Pemikiran yang mendasari penyusunan buku ini adalah: a) tingginya potensi hutan sebagai penyedia pangan, b) kebijakan kehutanan mendukung pemanfaatan hutan sebagai penyedia pangan, c) sekitar 10 juta dari 48 juta penduduk yang tinggal di dalam dan sekitar hutan dalam kondisi miskin atau rawan pangan, d) budidaya tanaman pangan di hutan telah menjadi sarana meningkatkan keberhasilan pengelolaan hutan dan sekaligus kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Buku ini diharapkan dapat mendorong pengembangan hutan tanaman pangan dalam rangka mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan menambah pengetahuan untuk meningkatkan manfaat hutan tanaman.

Selamat membaca

Link Download : Hutan Tanaman Pangan: Realitas, Konsep, dan Pengembangan


 
Pengunjung hari ini : 76
Total pengunjung : 47604
Hits hari ini : 242
Total Hits : 628029
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015