BERITA

10 Sumbangsih Perubahan Iklim yang Menyulut Kebakaran Hutan
2018/08/20 - 03:38 am

Kebakaran hutan telah menjadi fenomena. Hal itu mengusik para ilmuan untuk meneliti bagaimana hubungan antara perubahan iklim dengan meningkatnya kebakaran hutan. David Bowman, profesor Biologi Perubahan Lingkungan dari Universitas Tasmania mengatakan bahwa lokasi hutan yang terbakar sudah dalam kondisi yang (rusak) parah.


Ruang Pasar Karbon Terbuka Lebar: Kabar Gembira untuk Upaya Pengendalian Perubahan Iklim
2018/08/20 - 03:07 am

Pendanaan untuk mendukung penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui pasar karbon membuka ruang untuk Indonesia. Ruang tersebut berada di bawah payung Paris Agreement, kesepakatan pengendalian perubahan iklim global.


Kajian Sosial Ekonomi, Kepingan Penting dalam Pengembangan Hutan Penelitian Cikole
2018/08/13 - 06:48 am

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) telah melaksanakan berbagai kegiatan penelitian terkait interaksi kelompok sosial dengan ekosistem hutan. Dinamika interaksi yang negatif seharusnya dapat terjawab dengan berbagai hasil penelitian tersebut, sehingga hubungan kausalitas yang saling menguntungkan di antara keduanya dapat berkontribusi bagi pembangunan nasional, khususnya sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Oleh karena itu, tindakan lebih lanjut dari berbagai riset dan studi sebagai sebuah pengembangan merupakan langkah yang penting. 


Victim sekaligus Pemuka, Posisi Unik Indonesia dalam Pengendalian Perubahan Iklim
2018/08/09 - 02:43 am

Posisi Indonesia begitu unik dalam pengendalian perubahan iklim karena dapat menciptakan berbagai peluang yang dapat direalisasikan. Demikian lontaran Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim (DPPPI), Sarwono Kusumaatmadja dalam sambutan di Pojok Iklim edisi Rabu, 1 Agustus 2018. “Kita tidak hanya sekedar menjadi victim atau korban dari perubahan iklim, tapi kita juga mempunyai kapasitas untuk menjadi pemuka dalam isu ini”, ujar Sarwono. Pencapaian target penurunan emisi dalam Persetujuan Paris tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh pemerintah. Peran-serta sektor swasta sangat diperlukan.


Furniture Ekspor Berbahan Baku Kayu Mangga
2018/08/07 - 06:47 am

Semarang – Bila hendak memilih furniture dari kayu, biasanya yang terlintas di pikiran kita adalah kayu jati atau mahoni. Sekarang, lintasan pikiran tersebut sudah harus mulai ditinggalkan. Kayu mangga ternyata merupakan kayu yang dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk menghasilkan produk-produk furniture.


Bimtek KNAPPP P3SEKPI
2018/08/07 - 04:03 am

“Janji” Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) yang disepakati pada pertemuan tanggal 20 Juli 2018 akhirnya terpenuhi. Senin dan Selasa, 30 dan 31 Juli 2018, P3SEKPI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (Bimtek KNAPPP) dengan menghadirkan assessor dari KNAPPP yang dipimpin oleh Budi Priyono.


P3SEKPI Siap Melakukan Re-akreditasi Sertifikasi KNAPPP
2018/08/03 - 07:18 am

Keberhasilan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) menjadi Pusat Unggulan Iptek Kebijakan Perubahan Iklim (dengan kategori pembinaan) memberikan konsekuensi, yang salah satunya adalah wajib mempunyai sertifikat Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP). 


Sistim Agroforestri Berbasis Pasar dan Lansekap Terpadu untuk Mendukung Pengelolaan Kehutanan Berbasis Masyarakat di Indonesia (Kerjasama KANOPPI 2, BLI – ICRAF – ACIAR)
2018/07/30 - 02:53 am

Tantangan yang dihadapi sektor kehutanan dan lingkungan hidup saat ini adalah bagaimana mengelola sumberdaya hutan, baik hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu (HHBK), dan jasa lingkungan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar hutan dan masyarakat luas dengan tetap menjaga kualitas lingkungan hidup sekitarnya. 


Ngada jadi pusat unggulan program 1000 desa bambu
2018/07/27 - 09:11 am

"Program pemanfaatan bambu berbasis masyarakat ini dibangun dengan mekanisme 'People Public Private Partnership' (4P) yang bergerak dari sektor hulu sampai hilir," kata Desy Ekawati.


Moral Peneliti: Bagaimana Harus Bersikap? (Sebuah refleksi dalam arus individualisme dan keberpihakan)
2018/07/27 - 04:48 am

Dr. Elviriadi, “penelitian yang banyak dilakukan baik di kampus maupun banyak lembaga penelitian dikarenakan tidak ada sumbu politiknya maka tidak memberikan banyak pengaruh bagi negara, hal ini terjadi karena hanya sekedar menjalankan kewajiban yang sifatnya permukaan, misal untuk mengejar angka kredit saja (individual interest)”.


 
Pengunjung hari ini : 94
Total pengunjung : 38954
Hits hari ini : 188
Total Hits : 539013
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015