BERITA

Revitalisasi Mata Pencaharian Masyarakat Berdasar Praktik Pemanfaatan Lahan Gambut oleh Masyarakat
2018/05/23 - 06:23 am

Pada gambut tipis perlu dibuat parit sebagai batas antar lahan dan parit cacing di tengah lahan. Masyarakat di desa gambut tebal perlu mendapat pendampingan teknik pengolahan lahan dan pemilihan jenis tanaman. Penanaman sawit dapat dilakukan di lahan gambut yang baru dibuka, sedangkan pinang dan kopi sebaiknya di lahan gambut matang atau sudah dibuka 5 s/d 10 tahun. Sawit rakyat tidak cocok ditanam di lahan gambut tebal.


RIL-C dan Upaya Penurunan Emisi di Kalimantan Timur
2018/05/21 - 02:17 am

Dua faktor utama yang menyumbang emisi terbesar adalah kegiatan deforestasi dan praktik logging. Dengan demikian untuk memperoleh result-based payment dari skema Carbon fund-FCPF, dua target terbesar dalam upaya penurunan emisinya diperoleh dari mencegah atau mengurangi deforestasi dan dari praktik melaksanakan RIL-C.


Pengelolaan HCV di Sektor Berbasis Lahan Sebagai Strategi Kebijakan Pengurangan Emisi di Indonesia
2018/05/16 - 01:35 am

Sejauhmana kebijakan yang ada mampu melindungi areal APL yang mengandung nilai konservasi tinggi? Apakah kebijakan yang mendukung penerapan HCV mampu menekan deforestasi? Apakah pemerintah memberikan insentif bagi perusahaan yang melindungi areal HCV di wilayah konsensinya? 


Sinergi BAPPENAS-OECD: Langkah Awal Penyusunan Rencana Pembangunan Rendah Karbon
2018/05/11 - 01:08 am

Rencana Pembangunan Rendah Karbon (RPRK) merupakan langkah nyata Indonesia merespon isu perubahan iklim. Penyusunan RPRK tersebut merupakan pengarusutamaan perubahan iklim dan pertumbuhan hijau sehingga dicapai keseimbangan pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan pengurangan emisi gas rumah kaca.Sebagai pembelajaran dari proses penyusunan NDC dan RPJMN 2020-2024, sejauhmana RPRK tersebut disusun?


Peran Kepala KPH dalam Keberhasilan Bisnis Anggota HKm
2018/05/09 - 03:08 am

Di wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Batu Tegi, Provinsi Lampung terdapat Ijin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) sebanyak 10 unit, areal kerjanya seluas 11.103,65 ha, dan anggotanya adalah gabungan kelompok tani (gapoktan). Mata pencaharian penduduk sekitar KPHL adalah sektor pertanian dengan produk unggulan kopi dan kakao. Kopi merupakan hasil utama lahan HKm yang sudah komersial, memiliki rantai pemasaran yang mapan, dipasarkan di dalam negeri dan ekspor. Rantai pemasaran kopi melibatkan petani, pedagang desa, pedagang kecamatan, dan eksportir di Telukbetung.


Missing Link Antara Petani HTR Dengan Industri Kayu
2018/05/08 - 02:39 am

Hasil kayu dari HTR dapat diperjualbelikan kepada mitra (off taker) melalui kemitraan HTR, baik dengan IPHHK primer, sekunder, maupun tersier. Sayangnya, hal tersebut tidak/belum terjadi antara petani HTR di Desa Budi Lestari dengan industri kayu di Provinsi Lampung. Ada missing link dalam hubungan antara kedua pihak. Jika link tersebut dapat ditautkan, maka industri kayu tidak akan kekurangan pasokan bahan baku dan petani dapat memperoleh margin keuntungan lebih tinggi. 


Sepuluh Kesepakatan ACIAR - BLI
2018/05/03 - 01:41 am

Kelanjutan kerjasama penelitian, rencana pembentukan Pusat Penelitian Peatland, dan perubahan portofolio Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) menjadi agenda utama dalam pertemuan antara ACIAR dengan Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI), Kamis, 26 April 2018 di Hotel Atlet Century, Jakarta. Pertemuan menghasilkan 10 kesepakatan.


Intensifikasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Produk Bambu dalam Meningkatkan Perekonomian Negara Tiongkok
2018/05/02 - 01:40 am

Asia memiliki spesies bambu terbanyak di dunia, mencapai kurang lebih 600 spesies dari 1.100 spesies bambu dunia. Saat ini Tiongkok telah berhasil menginventarisasi  500 spesies bambu dari 40 genus dan 5 kelas. Oleh karena itu, tidak heran Tiongkok dikenal dengan sebutan Negara Tirai Bambu. Terdapat institusi khusus yang meneliti dan mengembangkan bambu yaitu Bamboo and Rattan Institute di China Southwest Forestry University


Saatnya Penebas Kayu Menjadi Pemilik Penggergajian Kayu
2018/04/27 - 05:54 am

Hutan rakyat sengon di Propinsi Jawa Tengah memberi kesempatan pada petani untuk memanfaatkan lahan yang relatif sempit agar dapat menghasilkan kayu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK). Selain itu, juga sebagai sumber pendapatan dan mata pencaharian bagi petani. Apabila pohon sengon sudah cukup besar, antara umur 5-6 tahun, petani akan menjualnya kepada penebas.


[Foto] High Level Meeting ACIAR
2018/04/26 - 04:10 am

Simak jepretan kami di agenda High Level Meeting ACIAR di Hotel Century, Jakarta (26/04/2018)


 
Pengunjung hari ini : 77
Total pengunjung : 37148
Hits hari ini : 188
Total Hits : 524153
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015