BERITA

Kebijakan Barang dan Jasa yang “GREEN”
2019/07/18 - 08:54 am

Dalam perjuangan melawan perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) giat melakukan banyak tindakan. Pola konsumsi dan produksi, baik dalam kehidupan masyarakat maupun Pemerintahan didorong untuk ramah lingkungan. Pengadaan barang dan jasa menjadi salah satu aspek yang disasar.


Workshop ERPA
2019/07/12 - 11:22 am

_JAKARTA_ Kesepakatan Pembayaran Pengurangan Emisi atau Emission Reductions Payment Agreement (ERPA) rencananya akan ditandatangani pada Desember 2019 antara Pemerintah Indonesia dan World Bank (WB). Dalam rangkaian persiapan menuju hal tersebut, WB sebagai trustee atau lembaga pemegang amanah dana karbon Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) memfasilitasi pelaksanaan workshop ERPA. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai dokumen kondisi umum dan ketentuan komersil ERPA yang akan dinegosiasikan oleh kedua pihak.


Alam akan Bekerja Jika Kita Peduli Dengannya
2019/07/01 - 09:30 am

_BOGOR_Bambang Istiawan menjadi pusat inspirasi pagi itu. Ia berhasil “membuat” hutannya sendiri, yang diusahakan selama 17 tahun. Hutan buatan yang berada di kawasan Megamendung, Bogor tersebut diberi nama hutan organik.


Persiapan Negosiasi ERPA
2019/07/01 - 09:14 am

_BOGOR_ Persiapan menuju negosiasi kesepakatan pembayaran penurunan emisi atau yang umum dikenal dengan istilah ERPA (Emission Reductions Payment Agreement) terus digalakkan. Tim negosiator ERPA Indonesia terus dibekali materi guna negosiasi ERPA yang akan digelar Desember 2019. Pembekalan meliputi  materi teknis seperti rencana dan seluk-beluk program penurunan emisi, materi kebijakan dan hukum (nasional maupun hukum internasional), serta pendalaman template dokumen ERPA yaitu kerangka kondisi umum dan komersial rencana PE (Penurunan Emisi) dari World Bank. Materi teknis dan berbagai hal terkait agar benar-benar dikaji secara substansi sehingga tim akan mempunyai kesiapan maksimal dalam proses negosiasi.


INAFOR, Sarana 'Unjuk Dada' Peneliti dan Hasil Penelitian BLI
2019/05/29 - 02:28 pm

_BOGOR_Pagi ini (28/05/2019), di Manggala Wana Bakti, berlangsung acara yang sangat penting bagi peneliti lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya para peneliti di Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI). Acara yang merupakan peluncuran The 5th International Conference of Indonesia Forestry Researchers (INAFOR) Expo 2019, diberi tajuk 'MEMBANGUN POSISI TAWAR BARU PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN'.


PUI Picu Tingkatkan Daya Saing P3SEKPI
2019/05/29 - 09:29 am

_BOGOR_Hampir setengah tahun berjalan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) menyandang status sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kebijakan Perubahan Iklim. Salah satu harapan yang menyertai status tersebut adalah semakin menguatnya posisi P3SEKPI sebagai lembaga penelitian di tingkat dunia.


Tak Kenal Maka Tak Sayang
2019/05/23 - 10:10 am

_PALANGKARAYA_“Tak kenal maka tak sayang”, demikian pepatah yang sering kita dengar. Selama 5 hari, 20-24 Mei 2019, tim “Gambut Kita” yang terdiri dari peneliti Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim/P3SEKPI (Yanto Rochmayanto, Mohamad Iqbal, dan Niken Sakuntaladewi) beserta peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan/BP2LHK Banjarbaru (Adnan Ardhana dan Muhammad Abdul Qirom) berbincang dengan perwakilan pemangku kepentingan dari instansi pemerintah, LSM, serta tokoh masyarakat di Palangkaraya dan Kabupaten Pulang Pisau. 


‘'Gambut Kita” Memburu Data
2019/05/21 - 10:58 am

_BOGOR_Data adalah esensi sebuah kerja ilmiah. Bila perlu, harus dilakukan “perburuan”. Begitulah, pada tanggal 11-13 April 2019 tim “Gambut Kita” melakukan perburuan data perkembangan dan implementasi kebijakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta restorasi gambut di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng).


“Gambut Kita” Lakukan Kajian Desa Berbasis Masyarakat
2019/05/20 - 01:27 pm

_TUMBANG NUSA_Bertujuan mengurangi kebakaran lahan dan hutan gambut serta meningkatkan penghidupan masyarakat, Tim ACIAR “Gambut Kita”, bersama masyarakat, lakukan kajian dan perencanaan desa berbasis masyarakat/CLAP (Community_Led Analysis Planning) di Desa Tumbang Nusa. Empat hari penuh, 14-17 Maret 2019, tim bekerja all out. Ini dilaksanakan sebagai bagian dari ACIAR Project FST 2016/144 “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia”.


Seeds of Change Conference di Canberra, Australia
2019/05/20 - 01:25 pm

_CANBERRA_Empat peneliti dari ACIAR Project FST 2016/144 “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia”, berkesempatan mengikuti Seeds of Change Conference bertajuk “Gender Equality through Agricultural Research for Development” di Canberra University, Canberra – Ausralia, 2 sampai 4 April 2019. Keempatnya adalah Samantha Grover dari Royal Melbourne Institute of Technology University/RMIT University (Melbourne – Australia), Niken Sakuntaladewi dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI – Bogor, Indonesia), serta Bondan Winarno dan Sri Lestari dari Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang – Indonesia.


 
Pengunjung hari ini : 32
Total pengunjung : 51859
Hits hari ini : 58
Total Hits : 698685
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015