BERITA

[Infografis] Mengahadapi Perubahan Iklim
2018/03/23 - 08:16 am

Daddy Ruhiyat dari Dewan Daerah Perubahan Iklim Kalimantan Timur (DDPI) berbicara mengenai tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk menghadapi perubahan iklim. Hal itu ia paparkan saat agenda Pojok Iklim yang diselenggarakan Rabu (14/03) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Daddy membagi tindakan tersebut menjadi dua kerja besar yakni mitigasi dan adaptasi.  

Apa saja tindakan tersebut? Simak selengkapnya dalam Infografis Menghadapi Perubahan Iklim


Peresmian Bangunan Pengawetan Bambu Sistem Asap & Peluncuran Kerjasama Agroforestri Bambu
2018/03/23 - 03:18 am

Kampung Ture Togo, Desa Wogo, Ngada NTT, 22 Maret 2018 - Badan Litbang dan Inovasi melalui proyek kerjasama International Tropical Timber Organization (ITTO) berkolaborasi dengan Yayasan Bambu Lestari (YBL) dan ICRAF menyelenggarakan acara peresmian “Bangunan Pengawetan Bambu Sistim Pengasapan”


Pansus DPRD Kaltim Lakukan Studi Komparasi ke P3SEKPI
2018/03/14 - 04:40 am

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) mendapat kehormatan atas kunjungan DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Prov Kaltim) pada Jum’at, 9 Maret 2018. Kunjungan anggota DPRD yang merupakan Pansus Pembahasan Raperda Prov Kaltim tentang Pengelolaan Perubahan Iklim Kaltim bertujuan untuk melakukan studi komparasi tentang kebijakan dan pengelolaan perubahan iklim.


Urbanscape: Pendekatan Lanskap untuk Mitigasi Perubahan Iklim
2018/03/13 - 01:46 am

Sejatinya upaya pengendalian perubahan iklim dapat dimulai dari desain lanskap perkotaan yang berorientasi pada alam. Hal tersebut ditekankan oleh Aggia Murni dari Indonesia Landscape Industries Network pada agenda Ngopi (Ngobrol Pintar) di Pojok Iklim pada Rabu (07/03) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


P3SEKPI luncurkan SEKPI RePort
2018/03/12 - 01:18 am

Jum’at, 09 Maret 2018 jam 09.00 WIB akan tercatat sebagai titik luncur SEKPI RePort, nama yang terlahir dari P3SEKPI Research Portal. Dibalut dengan pertemuan bertajuk “Pengenalan dan Penggunaan Sistem Informasi P3SEKPI”, SEKPI Report memperoleh atensi dan apresiasi sangat baik dari semua yang hadir, khususnya dari peneliti yang nantinya menjadi pengguna utama sistem tersebut. Meski masih memerlukan penyempurnaan di sana-sini, SEKPI Report diamini sebagai lompatan ke depan dan menjadi wahana untuk menopang peningkatan kinerja institusi ke arah yang lebih optimal. 


Dana Dan Daya Kelitbangan Serta Akumulasi Pengetahuan
2018/03/09 - 09:27 am

Mengapa Litbang dirasa sulit berkembang? Simak Opini terbaru dari Handoyo


P3SEKPI– Pemkab. Sukabumi Bahas Pengembangan Geopark Ciletuh
2018/03/09 - 08:13 am

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) menerima kunjungan Perumda Pesona Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Kunjungan ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya terkait rencana kerjasama pengembangan riset. Ada dua tujuan yang disasar yaitu pengembangan riset aksi di bidang ekowisata, agroforestry, dan perhutanan sosial serta menyusun bentuk kerja sama riset dan pengembangan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab.) Sukabumi, Perum Perhutani, dan P3SEKPI.


Pengelolaan Gambut di Indonesia
2018/03/08 - 02:15 pm

Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) mengadakan kuliah umum bertema  “Kebijakan Pengelolaan Gambut di Indonesia Ditinjau dari Aspek Ekologi, Ekonomi, dan Sosial” yang bertempat di Kampus Salemba Universitas Indonesia.


Penggunaan Citra Satelit Tanpa Awan untuk Mitigasi Perubahan Iklim
2018/03/02 - 09:01 am

Teknologi penginderaan jauh dengan menggunakan citra satelit sudah dilakukan dan dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk melakukan pemantauan hutan. Dengan teknologi ini pemantauan hutan dapat menjangkau wilayah hutan yang luas dengan waktu dan upaya yang efisien. Meskipun begitu teknologi ini bukannya tanpa kendala. Salah satunya adalah tutupan awan yang menjadi penghalang pemantauan permukaan bumi.


Pabrik Semen Ramah Lingkungan
2018/03/01 - 09:02 am

Apa yang terpikirkan ketika berbicara pabrik semen? Mungkin muncul dalam benak kita sebuah pabrik raksasa yang mengotori lingkungan sekitarnya dengan polusi udara. Belum lagi emisi CO2 yang ditimbulkan membuat proses perubahan iklim semakin tak terkendali. Tak setuju dengan gambaran itu, PT Holcim sebagai salah satu pabrik semen yang beroperasi di Indonesia mencoba mengubah pabrik semen yang tadinya sebagai perusak lingkungan menjadi perawat lingkungan.


 
Pengunjung hari ini : 11
Total pengunjung : 33567
Hits hari ini : 19
Total Hits : 498836
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015