KEGIATAN

Pembuatan Permanent Sample Plots (PSP) Di KHDTK Alas Ketu, Wonogiri, Jawa Tengah dan KHDTK Watusipat, Gunung Kidul, di Yogyakarta
2014/11/10 - 02:21 am | 875 Klik

   

Direncanakan akan dibangun 36 Permanent Sample Plots (PSPs) untuk monitoring karbon hutan di KHDTK (Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus) Alas Ketu, Wonogiri, Jawa Tengah dan KHDTK Watusipat, Gunung Kidul, DIY. Pembangunan PSPs bertujuan untuk membangun PSPs di berbagai tipe hutan serta membangun database untuk setiap tipe hutan yang dapat memberikan informasi serapan dan stok karbon di suatu daerah. Pembangunan PSPs akan dilaksanakan dengan kerjasama antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan (PUSPIJAK) dengan Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pengembangan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta dengan dukungan dari Forest Carbon Partnership Facility (FCPF).

Pada hari Selasa, 28 Oktober 2014 telah dilakukan survey dan penentuan lokasi pembangunan PSPs untuk monitoring karbon hutan. Survey dan penentuan lokasi dilaksanakan oleh gabungan peneliti PUSPIJAK dan peneliti dari BBPBPTH Yogyakarta. Berdasarkan survey tersebut pembangunan PSPs untuk monitoring karbon hutan diantaranya akan dilakukan pada tegakan Acacia Mangium tahun tanam 1995, Acacia Auriculiformis tahun tanam 1995, lokasi Uji Provenance Acacia, Jabon Merah, Klon Jati dan Uji Klon Pulai Gading tahun tanam 2005.

Pembangunan PSPs pada KHDTK Alas Ketu dan KHDTK Watusipat dimaksudkan untuk menyediakan data yang komprehensif tentang cadangan karbon di hutan tanaman. Hingga saat ini masih dibutuhkan penelitian penelitian terkait cadangan karbon di berbagai tipe hutan. Sebagaimana dituliskan oleh Tim Perubahan Iklim badan Litbang Kehutanan pada buku cadangan karbon pada berbagai tipe hutan dan jenis tanaman di Indonesia di tahun 2010 bahwa dari seratus empat (104) jenis pohon di Indonesia, baru 11 jenis pohon yang sudah diketahui cadangan karbonnya. Saat ini sumber data yang komprehensif tentang cadangan karbon di berbagai tipe ekosistem hutan dan penggunaan lahan lain masih terbatas.

Diharapkan dari pembangunan PSPs untuk monitoring karbon hutan di kawasan KHDTK Alas Ketu dan KHDTK Watusipat akan dapat melengkapi informasi data cadangan karbon hutan di berbagai tipe hutan di Indonesia.


 
Pengunjung hari ini : 100
Total pengunjung : 45491
Hits hari ini : 245
Total Hits : 601091
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015