KEGIATAN

Alih Teknologi "Iptek Dan Inovasi Perubahan Iklim Kehutanan Untuk Rakyat"
2014/12/15 - 02:34 am | 1262 Klik

Sekitar 150 peserta dari berbagai kalangan hadir pada kegiatan Alih Teknologi dengan tema Iptek Dan Inovasi Perubahan Iklim Kehutanan Untuk Rakyat tanggal 12 Desember 2014 bertempat di ruang Rimbawan 2. Dalam laporan penyelenggaraannya, Kapuspijak menyebutkan bahwa ada “lima barang baru” yang akan dilempar ke masyarakat luas yang diharapkan dapat menjaring feedback serta perluasan jaringan kelitbangan, dan dapat mendukung kinerja kementrian. Kelima barang tersebut adalah Database Faktor Emisi Berbasis Web (Mega Lugina, Shut, MSc.) Skema Carbon Fund Untuk Pembayaran berbasis Penurunan Emisi (Dr. Zahrul mutaqqin), Skema Plan Vivo untuk program Penurunan Emisi oleh Rakyat (Ir. Ari Wibowo, MSc.), Panduan Pelibatan Masyarakat untuk REDD+ (Ir. Handoyo, MSc.), dan Alat Sidik Cepat Pemilihan Pohon Penyerap Karbon (Ir. Budiman).

Kabadan Litbang Prof. San Afri Awang mengharapkan iptek dan inovasi Puspijak dapat melengkapi dan memajukan upaya mitigasi kehutanan, yang mempunyai peran terbesar (87 %) dari target emisi nasional. Ir. H. Tjatur Sapto Edi, MT, Ketua Fraksi lingkungan dan hukum, DPR RI dan Ir. H. Bambang susilo, MM, Ketua Komisi II DPD RI menyambut sangat baik alih teknologi dan berharap kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan.

Litbang juga diharapkan dapat membuat kajian lingkungan industri batu bara di Kalimantan.  

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga penyerahan seperangkat komputer kepada 13 propinsi yang sudah melaksanakan pembangunan PSP, sebagai alat pengukur dan pemantau karbon hutan yang dapat dimonitor dunia. Acara ditutup dengan launching empat buku baru Puspijak yaitu:  Operasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH): Langkah Awal Menuju Kemandirian, Hutan Tanaman Pangan: Realitas, Konsep dan Pengembangan, Hutan Rakyat: Sumbangsih Masyarakat Pedesaan untuk Hutan Tanaman, Cadangan Karbon pada Berbagai Tipe  Hutan dan Jenis Tanaman di Indonesia. 

Disela-sela acara Alih Teknologi Iptek dan Invovasi Perubahan Iklim Kehutanan untuk Rakyat juga dilaksanakan Launcing Buku hasil penelitian Puspijak antar lain:

1. Buku Operasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan

2. Buku Hutan Tanaman Pangan, Realitas, Konsep dan Pengembangan

3. Buku Cadangan Karbon pada Berbagai Tipe Hutan dan Jenis Tanaman di Indonesia

4. Buku Hutan Rakyat Sumbangsih Masyarakat Pedesaan untuk Hutan Tanaman

   

 

Berikut materi-materi acara Alih Teknologi Iptek Dan Inovasi Perubahan Iklim Kehutanan Untuk Rakyat

1. Alat Sidik Cepat Pohon Penyerap Karbon

2. Database Stok Karbon Untuk Faktor Emisi

3. Panduan Pelibatan Masyarakat Lokal untuk Implementasi REDD+ di Indonesia Timur 

4. Pembayaran Berbasis Kinerja Carbon Fund 

5. Standar Plan Vivo untuk DA REDD+ di TNMB 


 
Pengunjung hari ini : 76
Total pengunjung : 47604
Hits hari ini : 228
Total Hits : 628015
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015