KEGIATAN

P3SEKPI Menjaring Isu-isu Strategis Di Bidang KLHK
2016/03/14 - 04:24 pm | 672 Klik

P3SEKPI (Bogor, 11/03/2016)_ Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc, Kepala Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), menegaskan bahwa penjaringan isu-isu aktual sangat penting untuk pengambil kebijakan sehingga bernilai strategis. Dalam penjaringan isu-isu aktual pandangan dari pihak external seperti Pusat Kebijakan Strategis (Pusjakstra) sehingga isu-isu yang diangkat menjadi isu aktual di bidang LHK. Hal tersebut disampaikan pada saat memberikan arahan pembukaan diskusi menjaring isu-isu aktual strategis bidang LHK di Hotel Royal Bogor, Jum’at 911/3).

Terkait Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif (RPPI) yang ada di P3SEKPI dan dilaksanakan gabungan dengan puslitbang lainnya di lingkup BLI, yaitu RPPI 13 yang membahas masalah sosial, RPPI 14 tentang masalah perdagangan bidang kehutanan dan RPPI 15 tentang politik dan hukum, ada beberapa topik yang dapat diangkat menjadi isu aktual dari RPPI P3SEKPI diantaranya Tata kelola kehutanan di tingkat tapak masih belum baik, Sampah, Bioenergi, Pangan dan Perubahan iklim.

Menurut Heri (Pusjakstra), ada 4 poin isu yang sedang dan akan dilaksanakan yaitu metamorphosis Instrumen kelembagaan di tingkat tapak,  proses tata hubungan kerja, updating pemutakhiran regulasi yg masih tumpang tindih dan tidak saling support satu sama lain, dan supporting program berbasis kph. Selain itu diharapkan isu strategis harus bersifat kekinian, massif dan berdampak.

Selain itu masih banyak isu yang tidak kalah penting untuk bisa diangkat menjadi isu strategis antara lain perhitungan emisi GRK tidak hanyak dari sektor kehutanan tetapi juga sektor lain, kebijakan SVLK, isu tentang kantong kresek, dampak sosial ekonomi bank sampah, UU No. 23, dan kebakaran hutan.

Sebagai penutup acara diskusi, Kepala P3SEKPI mengatakan bahwa Isu-isu strategis ini bersifat lintas pusat penelitian sehingga ada benang merah antara penelitian-penelitian di masing-masing pusat penelitian secara keseluruhan. Hasil akan diramu dan dituangkan dalam judul penelitian yang memenuhi azas lintas sektoral dan akan disharing ke masing-masing pusat penelitian sehingga dapat dijaring keterlibatan antar pakar. ***Agp


 
Pengunjung hari ini : 76
Total pengunjung : 47604
Hits hari ini : 247
Total Hits : 628034
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015